Aplikasi Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Organ Tumbuhan

Susana Limanto, Richard Pramono, Amelia Winda Ristiyana

Abstract


“Struktur dan Fungsi Jaringan Organ Tumbuhan” merupakan salah satu materi dari pelajaran Biologi untuk siswa kelas VIII. Bagian yang paling sulit dipelajari dari materi ini adalah pengenalan struktur jaringan dari organ tumbuhan. Hal ini dikarenakan materi disampaikan dalam bentuk ceramah sehingga siswa tidak dapat melihat secara langsung struktur jaringan yang ada. Untuk dapat melihat secara langsung dibutuhkan bantuan alat pembesar. Gambar-gambar pendukung juga kurang membantu karena ukurannya kecil ataupun kurang jelas. Akibatnya materi ini terlihat abstrak bagi siswa sehingga siswa menjadi cepat bosan dan beberapa diantaranya melakukan aktifitas yang mengganggu kelas. Untuk mengatasi hal ini, dibuat sebuah aplikasi multimedia pembelajaran. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur yang diharapkan dapat meningkatkan peran aktif dan minat belajar siswa serta memudahkan guru dalam menyampaikan materi sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pembuatan aplikasi diawali dengan menyebarkan kuisioner kepada siswa dan wawancara dengan guru Biologi Kelas VIII. Metode penyebaran kuisioner yang digunakan adalah kombinasi antara cluster sampling dengan simple random sampling. Data yang berhasil dikumpulkan dari siswa dan guru digunakan untuk membuat aplikasi multimedia pembelajaran. Untuk menjamin kesesuaian aplikasi dengan kebutuhan pengguna, aplikasi yang telah dibuat diujicobakan kepada siswa dan guru Biologi kelas VIII. Siswa diminta untuk melakukan pretest, post test, dan mengisi kuisioner. Sedangkan untuk guru dilakukan wawancara. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa aplikasi yang dibuat dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa akan materi “Struktur dan Fungsi Jaringan Organ Tumbuhan” sehingga layak dimanfaatkan untuk membantu proses belajar mengajar di sekolah. 


References


A.B.Tareef. (Oktober 2014). The Effects of Computer-Assisted Learning on the Achievement and Problem Solving Skills of the Educational Statistics Students. European Scientific Journal. [Online]. 10(28), hal. 271-279. Tersedia: http://eujournal.org/index.php/esj/article/download/4400/4197

A.W.Ristiyana,“Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Siswa Smp Kelas VIII,” Tugas Akhir, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Surabaya, Surabaya, Indonesia, 2016.

A.Y.Bustomi. (Februari 2010). Aplikasi Pembelajaran Panca Indra pada Manusia Berbasis Android. Jurnal Telematika. [Online]. 3(1), hal. 25-36. Tersedia: http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/art icle/viewFile/195/170

Daroji dan Haryati, “Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan,” dalam Jelajah Fakta BIOLOGI 2 Untuk Kelas VIII SMP dan MTs, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo, Indonesia, 2009, hal. 119-144.

J.A.Putra dan D.Mayangsari. (April 2015). Aplikasi Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia pada Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Multimedia. Jurnal Teknik. [Online]. 5(1), hal. 71-77. Tersedia: http://jurnalteknik.janabadra.ac.id/wp- content/uploads/2016/02/Jurnal-Teknik-UJB-Vol.-5-No.-1- Edisi-April-2015-11-JUNI-2015_9.pdf

M.U.Kusumawati. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Materi Struktur – Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa SMA Negeri 3 Klaten Kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Biologi. [Online]. 5(7), hal. 19-26. Tersedia: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pbio/article/view/4 627/4294

P.T.Furo. (Agustus 2015). Computer Assisted Instruction (CAI) and Students Interest as Determinant Of SSII Chemistry Students’ Achievement in Chemical Equilibrium in Rivers State. IOSR Journal of Applied Chemistry (IOSR-JAC). [Online]. 8(8), hal. 50-56. Tersedia: www.iosrjournals.org

S.K.Aggarwal, Biologi 2 SMP Kelas VIII, Yudhistira, Yogyakarta, Indonesia, 2014.

Sunardi, N.Nurhayati, B.Anwar, Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP/MTs Kelas VIII, CV.Yrama Widya, Bandung, Indonesia, 2015.

S.Zubaidah, S.Mahanal, L.Yuliati, dan D.Sigit,“Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan serta Pemanfaatannya dalam Teknologi,” dalam Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs, Cetakan ke-1, Jakarta, Indonesia, 2014, bab 3, hal. 82-107.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.