Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice or Microsoft Word document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Judul
Penulisan judul sesuai dengan isi bahasan artikel.

Identitas Penulis
Nama lengkap penulis, tidak disingkat, dan tanpa gelar/jabatan. Di bawah nama dituliskan nama lengkap instansi dan alamat surel penulis.

Abstrak
Abstrak berupa gambaran singkat dari keseluruhan artikel atau karya tulis ilmiah, yang memuat empat komponen, yaitu: (1) Masalah dan tujuan; (2) Tinjauan pustaka; (3) Metode yang digunakan; (4) Hasil dan pembahasan; dan (5) Kesimpulan dan saran. Abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Abstrak ditulis dalam satu paragraf tanpa catatan kaki atau kutipan pustaka, satu spasi, dan maksimal memuat 150 kata dalam bahasa Indonesia, disertai dengan kata kunci. Abstrak dalam bahasa Inggris menyesuaikan.

Pendahuluan
Pendahuluan menguraikan latar belakang permasalahan yang diselesaikan, isu-isu yang terkait dengan masalah yang diselesaikan, memuat State of The Art (kajian review literatur atau penelitian-penelitian sebelumnya secara singkat, 1-2 paragraf) dengan tujuan untuk menjustifikasi/menguatkan pernyataan novelty atau signifikansi atau kontribusi ilmiah atau orisinalitas artikel dan harus ada rujukan artikel jurnal 10 tahun terakhir. Jangan menuliskan judul artikel pada penulisan tujuan artikel. Di dalam pendahuluan tidak perlu menggunakan sub-sub judul.

Metode Penelitian
Meliputi jenis dan pendekatan penelitian, tempat dan waktu, subjek penelitian, tata cara teknik pengumpulan data/informasi, teknik analisis data, serta siklus.

Hasil dan Pembahasan
Meliputi penyajian data/informasi yang diperoleh dan menganalisis data/informasi sesuai dengan tujuan penulisan artikel. Di dalam uraian ini dapat menggunakan sub-sub judul sesuai dengan permasalahan yang dibahas. Sub judul ditulis dengan huruf tebal. Uraian harus didukung oleh rujukan/referensi. Pembahasan harus fokus. Jika artikelnya melakukan percobaan, maka hasil percobaan sebaiknya ditampilkan dalam bentuk grafik ataupun tabel. Keterangan gambar, grafik atau carta (caption) ditulis dengan format center di bawah gambar, sedangkan keterangan tabel ditulis dengan format center di atas tabel. Setiap Gambar atau Tabel harus diberi nomor identitas judulnya atau keterangan, Misal: "Tabel 1. Distribusi Frekuensi...". Semua teks di dalam gambar/tabel harus terbaca dengan baik, tidak boleh blur. Setiap gambar/tabel harus dirujuk di dalam teks, cara merujuk tidak boleh menggunakan lokasi (misal: di bawah ini, di atas, berikut ini, dll). Rujuk dulu Tabel/Gambar di dalam teks, baru letakkan tabel atau gambarnya. Sajikan tabel sesuai format APA style 7th Ed. Setiap Gambar atau Tabel harus diberi nomor urut tanpa mencantumkan nomor babnya (Tabel 1, bukan Tabel 4.1).
Setiap penulisan persamaan harus diberi nomor persamaan. Penulisan keterangan simbol pada persamaan dibuat secara deskriptif, bukan item list/numbering seperti di penulisan buku. Misal: “P menyatakan tekanan (atm), m menyatakan massa (g), …..”

Kesimpulan dan Saran
Simpulan harus mengindikasikan secara jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya. Simpulan merupakan sintesa kesesuaian antara masalah, tujuan, dan hasil. Kesimpulan cukup menjawab dan sesuai dengan permasalahan atau tujuan penelitian. Boleh ditambahkan implikasi atau saran (tidak wajib). Uraian dituliskan dalam bentuk paragraf, bukan dalam bentuk item list/numbering.

Daftar Pustaka
Daftar pustaka diurutkan sesuai dengan alfabet. Semua yang dirujuk dalam artikel harus tertulis dalam daftar pustaka dan semua yang tertulis dalam daftar pustaka harus dirujuk dalam artikel. Keprimeran literatur pustaka rujukan, minimum 70 persen berasal dari literatur primer/jurnal ilmiah (untuk bidang ilmu eksakta), atau 50 persen dari literatur primer/jurnal ilmiah untuk bidang ilmu sosial humaniora. Buku-buku yang berisi konsep teori boleh dipakai sebagai acuan, tetapi maksimum hanya 30 persen saja (untuk ilmu eksakta) atau 50 persen (untuk ilmu sosial humaniora). Jumlah rujukan di daftar pustaka minimal 15 pustaka acuan (Khusus untuk ilmu kesehatan minimal 20 pustaka acuan).