Rancang Bangun Sistem Informasi Pelatihan dan Pelayanan untuk Pertanian

Argo Wibowo

Abstract


Sampai saat ini, pertanian merupakan pekerjaan yang paling diminati oleh penduduk desa di Indonesia. Hal ini terjadi karena Indonesia memiliki tanah yang sangat subur. Pembangunan pertanian di Indonesia tidak hanya diperlukan untuk menghasilkan produk pertanian sehat berkualitas tinggi namun juga mampu mengembangkan pertumbuhan ekonomi daerah serta pemberdayaan masyarakat. Tapi masih banyak petani yang tidak mengerti bagaimana menghasilkan produk yang maksimal. Hal ini disebabkan kurangnya pembelajaran dan penyuluhan yang lebih intensif kepada petani. Banyak petani di Indonesia ingin belajar lebih banyak tentang pertanian. Tapi petani tidak tahu bagaimana cara belajar lebih banyak. Dari permasalahan di atas muncul gagasan untuk e-learning yang akan membantu dalam pembelajaran bagi petani dan kelompok tani di Indonesia. Dalam penelitian ini akan dihasilkan perancangan sistem yang dapat membantu petani untuk mendapatkan pembelajaran pertanian yang baik. Peneliti melakukan komunikasi dengan salah satu kelompok tani di Yogyakarta guna mengetahui kebutuhan pembelajaran para petani.

Full Text:

PDF

References


N. Suruali, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN BUDIDAYA RUMPUT LAUT DENGAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB,” ARIKA, vol. 04, no. 1, p. 19, Februari 2010.

W. Prismayadi and D. J. Surjawan, “Sistem Informasi Pengelola Berita Acara dan Reservasi Guest House Pada Saung Angklung Udjo,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, p. 53, April 2016.

R. Mathis and J. Jackson, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Salemba Empat, 2002.

M. Allen, Michael Allen's Guide to e-Learning: Building Interactive, Fun, and Effective Learning Programs for Any Company By Michael W. Allen, New Jersey: Wiley, 2013.

S. R. Chandrawati, “Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.