Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Sumba Timur Berbasis Mobile sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Bangsa
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Sebagai salah satu warisan adiluhung budaya bangsa, maka bahasa daerah perlu dilestarikan keberadaannya di tengah arus globalisasi yang semakin kuat. Namun, banyak bahasa daerah di Indonesia, termasuk Bahasa Sumba Timur, mengalami penurunan jumlah penutur seiring dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi mobile yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Sumba Timur. Aplikasi ini dirancang dengan fitur-fitur interaktif seperti latihan kosa kata, pelafalan, dan kuis, yang diharapkan dapat menarik minat generasi muda dalam mempelajari dan menggunakan Bahasa Sumba Timur. Penelitian ini menerapkan metode Prototype, metode Prototype sendiri merupakan metode yang digunakan untuk pengembangan software. Sistem dari metode ini memungkinkan interaksi antara developer dan user yang bertujuan untuk menghindari ketidakserasian dan kesalah pahaman dalam membangun software. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik dan mendapat respon positif dari pengguna awal, terutama dalam hal antarmuka yang mudah digunakan dan materi yang disajikan. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya efektif dalam melestarikan Bahasa Sumba Timur, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya melindungi dan melestarikan warisan budaya bangsa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aditya Rizky, Pranata Wijaya H., Viktor, Putra Anugrah A., & Bagus Putu, A. (2021). Rancang bangun aplikasi monitoring kegiatan menggunakan metode prototyping. JOINTECOMS (Journal of Information Technology and Computer Science), 1(1).
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2022). Laporan Survei Internet APJII 2022-2023. Retrieved from APJII.
Breslav, A. (2017). Kotlin: Pragmatic language for Android and beyond. JetBrains.
Crystal, D. (2000). Language Death. Cambridge University Press.
Danur, H., Tute, K. J., & Bhae, B. Y. (2022). Aplikasi kamus bahasa daerah Manggarai berbasis Android. SATESI: Jurnal Sains Teknologi dan Sistem Informasi, 2(2), 140-146.
Deni, D. K., & Ferida, F. Y. (2023). Usability testing penggunaan menu kartu hasil studi di website sistem informasi akademik Universitas Teknologi Yogyakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(I), 41-52. https://doi.org/10.55826/tmit.v2ii.57
Ernawati, A., & Saifudin, A. (2018). Perancangan aplikasi pembelajaran bahasa Jawa berbasis Android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(4), 21-26.
Fanani, M. F., Kharisma, A. P., & Wardhono, W. S. (2020). Pengembangan aplikasi mobile learning bahasa Jawa (JawApp) berbasis Android dengan metode prototyping. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(6), 1767-1774.
Firdaus, A., & Setiadi, D. (2015). Pelestarian bahasa daerah (Sunda) dalam upaya mengokohkan kebudayaan nasional. In Seminar Nasional: Pertemuan Ilmiah Bahasa Sastra Indonesia (PIBSI) XXXVII, 2-3 Oktober 2015, Yogyakarta.
Firmansyah, R. (2018). Usability testing dengan use questionnaire pada aplikasi SIPOLIN provinsi Jawa Barat. Swabhumi, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1.3310
Gaskins, S., & Jeffery, G. (Eds.). (2018). Children’s multilingual development and education: Fostering linguistic resources in home and school contexts. UNESCO.
Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning sebagai media pembelajaran (Studi evaluasi model pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90-102.
Hartoyo. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Bahasa. Semarang: Penerbit Pelita Insani.
Ida Ayu Iran Adhiti, G., Gede Sidi Artajaya, & Ida Ayu Pristina Pidada. (2021). Pemberdayaan bahasa, sastra, dan aksara Bali terhadap penyuluh bahasa Bali. In Widyadari (pp. 562-571).
Munawaroh, H., Fauziddin, M., Haryanto, S., Widiyani, A. E. Y., Nuri, S., El-Syam, R. S., & Hidayati, S. W. (2022). Pembelajaran bahasa daerah melalui multimedia interaktif pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057-4066.
Nielsen, J. (1993). Usability Engineering. San Francisco: Morgan Kaufmann Publishers.
Nipa, A. L. R., Hariadi, F., & Malo, R. M. (2023). Game edukasi pengenalan nama hewan dalam bahasa Kambera berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Inovatif Wira Wacana, 1(3), 142-151.
Nurhadryani, Y., Sianturi, S. K., Hermadi, I., & Khotimah, H. (2013). Pengujian usability untuk meningkatkan antarmuka aplikasi mobile. Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika, 2(2), 83-93.
Prasetyo, B. (2021). The impact of information technology development in Indonesia. Journal of Indonesian Technology, 15(2), 45-58.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Proyek perubahan pemakaian bahasa daerah 2021.
Sanders, J. (2020). The evolution of Android: From smartphones to everything. ZDNet.
Saputara, S. A., Sunardi, D., Syafrizal, A., & Samsidi, P. (2020a). Evaluasi sistem informasi akademik menggunakan metode mccall. Journal of Technopreneurship and Information System (JTIS), 3(2), 9-16. https://doi.org/10.36085/jtis.v3i2.878
Sugono, D. (2010). Pentingnya pembelajaran bahasa daerah sejak dini. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 56-65.
Warsita, B. W. B. (2011). Landasan teori dan teknologi informasi dalam pengembangan teknologi pembelajaran. Jurnal Teknodik, 84-96.
Wibisono, Y. (2015). Pentingnya prototyping dalam pengembangan perangkat lunak. Majalah Teknologi Informasi & Komunikasi, 8(3), 45-54.
Winda, N. (2016). Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1.