Analisa Faktor-Faktor Berpengaruh pada Penggunaan Go-Pay

M. Balya Haidari, Kartika Gianina Tileng

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mencari tahu faktor-faktor apa saja yang memberikan pengaruh secara signifikan pada Go-Pay dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah variabel Trust, Perceived Usefulness dan Perceived Risk sebagai variabel bebas dan variabel Intention to Use sebagai variabel dependen dengan metode regresi linier berganda. Sampel yang diambil sebanyak 200 dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang dibuat dengan skala Likert. Berdasarkan hasil analisis data, bisa disimpulkan bahwa variabel Trust dan Perceived Usefulness berpengaruh positif secara parsial terhadap Intention to Use pada Go-Pay, sedangkan didapati bahwa variabel Perceived Risk tidak berpengaruh positif secara parsial terhadap Intention to Use pada Go-Pay.


Kata Kunci: Trust, Perceived Usefulness, Perceived Risk, Intention to Use


Full Text:

PDF

References


Colquitt, J. A., Scott, B. A., & LePine, J. A. (2007). Trust, Trustworthiness, and Trust Propensity: A Meta-Analytic Test of Their Unique Relationships With Risk Taking and Job Performance. Journal of Applied Psychology, 909-927.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, pp 51 - 90.

Hapsari, S. Y. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi, Nilai Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi kasus pada RS. Telogorejo Semarang). Manajemen SDM.

Im, I., Kim, Y., & Han, H. J. (2008). The effects of perceived risk and technology type on users’ acceptance of technologies. Information & Management, 1-9.

Irwansyah, R., Huda, N., & Rifani, A. (2014). Faktor Kebudayaan, Kelas Sosial, Sikap, Kepribadian dan Persepsi yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kain Sasirangan di Kotamadya Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 2 No. 3.

Loanata, T., & Tileng, K. G. (2016). Pengaruh Trust dan Perceived Risk pada Intention to Use Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Pada Situs E-Commerce Traveloka). JUISI, Vol. 2 No. 1.

Nina Dwiantika. (2017, Februari). Retrieved from BI: Transaksi e-money tumbuh dua digit di 2016: http://keuangan.kontan.co.id/news/bi-transaksi-e-money-tumbuh-dua-digit-di-2016

Prabowo, N. S., & Fathoni, A. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Engagement Employee dengan Turnover Intention Sebagai Variabel Intervening. Journal of Management.

Puspita Dewi, N. A., & Warmika, I. K. (2016). Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Resiko terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce di kota Denpasar Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5 No.4.

Putrana, Y., Fathoni, A., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada PT. Gelora Persada Mediatama Semarang. Journal of Management, Vol.2 No.2.

Ristekdikti. (2017, Januari). Retrieved from Smartphone Rakyat Indonesia : http://www.dikti.go.id/smartphone-rakyat-indonesia-2/

Supriyono, J., Fathoni, A., & Hasionaln, L. B. (2016). Analis Rencana Strategi, Pengembangan Pasar, dan Kualitas Desain, Terhadap Volume Penjualan pada Jamu Cantik SMK Negeri 6 Semarang. Journal of Management, Vol. 2 No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.