ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEGUNAAN, KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP INTENSI PENGGUNAAN APLIKASI LINKEDIN

  • Dinie Prasucivia Hemas Universitas Ciputra
  • Kartika Gianina Tileng Universitas Ciputra

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mencari tahu faktor apa saja yang memberikan pengaruh signifikan pada LinkedIn dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor pen- erimaan sebuah sistem aplikasi akan digunakan teori Tech- nology Acceptance Model (TAM). Faktor-faktor tersebut yaitu Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use(PEOU) dan Trust (T) akan digunakan untuk mengetahui intensi dan kepercayaan dalam menggunakan aplikasi Linkedin. Software yang akan digunakan untuk mengolah data pada penelitian ini adalah Statistical Package for the Social Science (SPSS). Jumlah sampel yang akan menjadi responden dalam penelitian ini adalah 100 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner yang dibuat dengan skala Likeet. Berdasarkan hasil analisis data, bisa disimpulkan bahwa variabel Trust dan Perceived Usefulness berpengaruh signifikan positif ter- hadap Intention to Use pada LinkedIn, sedangkan didapati bahwa variabel Perceived Ease of Use tidak berpengaruh signifikan positif se terhadap Intention to Use pada LinkedIn.
Published
2021-02-25