Pengaruh Trust dan Perceived Risk pada Intention To Use Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Pada Situs E-Commerce Traveloka)

Main Article Content

Tirta Loanata
Kartika Gianina Tileng

Abstract

Kemajuan Teknologi Informasi di Indonesia semakin memberikan dukungan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan masyarakat, termasuk didalamnya memberikan kemudahan pada berbagai aspek kegiatan bisnis. Salah satu bisnis yang memanfaatkan Teknologi Informasi adalah penjualan tiket pesawat. Traveloka adalah salah satu situs E-Commerce layanan pencarian dan booking tiket pesawat online di Indonesia. Dalam penelitian ini, digunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) dengan menambahkan dua extended variabel Trust dan Perceived Risk dengan tujuan mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh signifikan terhadap adopsi Traveloka di Indonesia melalui Analisis Jalur dengan menggunakan software SPSS dan AMOS.

Article Details

How to Cite
Loanata, T., & Tileng, K. G. (2016). Pengaruh Trust dan Perceived Risk pada Intention To Use Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Pada Situs E-Commerce Traveloka). Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 2(1), 64–73. Retrieved from https://journal.uc.ac.id/index.php/JUISI/article/view/117
Section
Articles

References

[1] Davis, F. D., Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology, MIS Quarterly, 1989 [2] Gefen, D., Karahana, E., & Straub, D. W., (2003), Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model, MIS Quarterly, Vol.27 No.1, pp 51-90.
[3] Jarvenpaa, S. L., Tractinsky, N., & Vitale, M., (2000), Consumer Trust in an Internet Store. Information Technology and Management, Vol.1, 45-71.
[4] Kim, D.J., Ferrin, D.L., & Rao, H.R., A Trust-Based Consumer Decision-Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk, and Their Antecedents. Decision Support Systems, 2008.
[5] Ng-Kruelle, G., Swatman, P., & Kruelle, O., e-Ticketing Strategy and Implementation in an Open Access System: The Case of Deutsche Bahn,
[6] Turban. E., King. D., & Viehland. D.L., Electronic Commerce: A Managerial Perspective, New Jersey: Pearson Education, 2015.
[7] Hartman, A., & Sifonis, J., Net Ready : Strategies for Success in The E-Conomy, United States : McGraw-Hill, 2000.
[8] Fingar, P., Kumar, H., & Sharma, T., Enterprise E-Commerce, Meghan Kiffer Press, Tampa, Florida, 2000. [9] Kotler, P., & Lane, K. K., Manajemen Pemasaran, 12th ed., Indonesia: Indeks, 2007. [10] Im, I., Yongbeom, K., & Hyo-Joo, H., (2008), The Effects of Perceived Risk and Technology Type on Users’ Acceptance of Technologies. Information and Management, Vol.45, pp 1-9.
[11] Venkatesh & Davis, F. D., A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies, Management Science, 2000, Vol. 46 No. 2: pp. 186-204.
[12] Siregar, S., Statistika Deskriptif Untuk Penelitian, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
[13] Kuncoro, M., Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis, 3rd ed., Jogjakarta, Indonesia: Erlangga, 2009.
[14] Kline, R.B., Principles and Practice of Structural Equation Modeling, 3rd ed., New York : The Guilford Press, 2011.
[15] Wibowo, T., Pengaruh Kemitraan dan komunikasi Terhadap Efektivitas Saluran Distribusi Serta Implikasinya Pada Kinerja Pemasaran, Semarang: Universitas Diponegoro, 2005. [16] Garson, D., Path Analysis, Lecturer Notes, Professor of Public Administration, North Carolina State University, Raleigh, North Carolina, 2008.
[17] Ghozali, Imam, Konsep & Aplikasi Dengan Program Amos 19.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.