Rancang Bangun Aplikasi Mobile IniAtauItu sebagai Media Tanya Jawab Berbasis Komunitas

Albert Sanada Yapri, Stephanus Eko Wahyudi, Nehemia Sugianto

Abstract


Dalam menentukan pilihan terkait lifestyle dan aktivitas sehari-hari, umumnya seseorang dapat mengalami kesulitan dikarenakan oleh rasa bimbang, misalnya dari dua buah pilihan baju yang ada, manakah yang lebih bagus dipakai. Pertanyaan-pertanyaan demikian bersifat subjektif, dimana informasi dapat diperoleh dengan lebih maksimal apabila menggunakan social search (misalnya dengan media sosial) ketimbang search engine yang menyediakan data dan fakta. Akan tetapi, pada media sosial terdapat beberapa keterbatasan pula dan tidak fokus pada topik lifestyle. Tugas akhir ini berupaya untuk memberikan solusi berupa aplikasi mobile IniAtauItu untuk membantu pengguna menentukan pilihan terkait lifestyle dengan menerima feedback dari orang lain berupa preferensi atau komentar. Aplikasi dibuat menggunakan arsitektur klien-server, dimana aplikasi berbasis Android bertindak sebagai klien, dan Firebase digunakan untuk mendukung sisi server. Hasil akhir menyimpulkan bahwa aplikasi IniAtauItu dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif untuk menanyakan pilihan-pilihan terkait lifestyle, serta dapat membantu meningkatkan rasa yakin dan lebih mempercepat pengguna untuk menentukan pilihan akhir setelah menerima sejumlah feedback dari komunitas.

Full Text:

PDF

References


E. Shafir, “Reason-based choice,” Cognition, vol. 49, no. 1-2, pp. 11–36, 1993.

M. Zeelenberg, “Anticipated regret, expected feedback and behavioral decision making,” Journal of Behavioral Decision Making, vol. 12, no. 2, pp. 93–106, 1999.

M. Hanselmann and C. Tanner, “Taboos and Conflicts in Decision Making: Sacred Values, Decision Difficulty, and Emotions,” Judgment and Decision Making, no. 3, pp. 51-63, 2008.

A. Tversky and E. Shafir, “Choice under Conflict: The Dynamics of Deferred Decision,” Psychological Science, vol. 3, no. 6, pp. 358–361, 1992.

M. R. Morris et al, "What Do People Ask Their Social Networks, and Why? A Survey Study of Status Message Q&A Behavior," Proceedings of the 28th International Conference on Human Factors in Computing Systems, pp. 1739-1748, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.