Rancang Bangun Aplikasi Pembuatan Desain Kemasan Produk Berbasis iOS
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Pengemasan produk sangat penting untuk memastikan bahwa produk dapat didistribusikan dengan aman kepada masyarakat dan rantai pasokan. Hasil penelitian pada tahun 2020 menunjukkan bahwa 73,1% dari 547 orang bersedia membayar lebih untuk desain kemasan yang lebih baik. Dalam proses desain kemasan, desainer dan klien bekerja sama melalui beberapa tahap, mulai dari brainstorming, sketsa, hingga prototyping. Secara umum, prototyping pada tahap desain produk dilakukan secara digital dengan menggunakan mockup. Namun, kekurangan dari metode ini adalah desainer kesulitan menemukan ukuran mockup yang sesuai dengan permintaan klien. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang membantu desainer membuat model 3D untuk pratinjau desain kemasan. Proyek ini melibatkan tinjauan literatur untuk mengidentifikasi aplikasi dan alat desain yang sudah ada, serta kebutuhan dan preferensi pengguna. Aplikasi dibuat menggunakan Swift, SceneKit dan Xcode.. Proses pengembangan meliputi beberapa tahap: analisis kebutuhan pengguna, desain sistem, implementasi, pengujian, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam proposal proyek. Pekerjaan masa depan meliputi perbaikan antarmuka pengguna dan penambahan fitur untuk meningkatkan kegunaan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bou-Mitri, C., Abdessater, M., Zgheib, H., & Akiki, Z. (2021). Food packaging design and consumer perception of the product quality, safety, healthiness and preference. Nutr Food Sci, 51(1), 71-86. https://doi.org/10.1108/NFS-02-2020-0039.
Cascini, G., et al. (2020). Exploring the use of AR technology for co-creative product and packaging design. Comput Ind, 123, 103308. https://doi.org/10.1016/j.compind.2020.103308.
Chen, M., & Lau, M. (2021). A Motion‐guided Interface for Modeling 3D Multi‐functional Furniture. Computer Graphics Forum, 40(7), 229-240. https://doi.org/10.1145/3343055.3359718.
CNN. (2022, Oktober 6). Sempat Vakum Akibat Covid-19, 3 Pameran Pengemasan Kembali Digelar. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20221006211245-630-857402/sempat-vakum-akibat-covid-19-3-pameran-pengemasan-kembali-digelar.
Coelho, P. M., Corona, B., ten Klooster, R., & Worrell, E. (2020). Sustainability of reusable packaging– Current situation and trends. Resources, Conservation & Recycling: X, 6, 100037. https://doi.org/10.1016/j.rcrx.2020.100037.
Darmawan, R. R., Rozin, F., Evani, C., Idris, I., dan Sumardi, D. (2021). IoT and Machine Learning System for Early/Late Blight Disease Severity Level Identification on Tomato Plants. 13th International Conference on Information & Communication Technology and System (ICTS), 288–293. https://doi.org/10.1109/ICTS52701.2021.9608788.
Demkiv, Y. (2022, Agustus 29). Product design process: 10 steps. Qubstudio. https://qubstudio.com/blog/ten-steps-of-the-product-design-process/.
Ernawati, I. (2017). UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASII SERVER. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315.
Hansen, C. A. (2021). Design by Prototyping: Strategic support for prototype-driven product development. Denmark.
Hendri, H., Manurung, J. W. H., Ferian, R. A., Hanaatmoko, W. F., & Yulianti, Y. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Masjid Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 3(2), 107. https://doi.org/10.32493/jtsi.v3i2.4694.
Hlaing, K. M., & Nyaung, D. E. Electricity Billing System using Ethereum and Firebase. 2019 International Conference on Advanced Information Technologies (ICAIT), 217-221. https://doi.org/10.1109/AITC.2019.8920931.
Indeed. (2023, Februari 4). 10 Types of Prototypes (With Explanations and Tips). Indeed. https://www.indeed.com/career-advice/career-development/types-of-prototyping.
Malleswari, D. N., Kumar, M. P., Sathvika, D., & Kumar, B. A. (2018). A Study on SDLC For Water Fall and Agile. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.32), 10. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.32.13516.
Oktriwina, A. S. (2021, Januari 26). Mengupas Beta Testing, Pengujian Penting sebelum Peluncuran Produk. Glints. https://glints.com/id/lowongan/beta-testing-adalah.
Pamungkas, A. B. (2022). Peluang Dan Tren Industri Kemasan Di Indonesia Khususnya Kemasan Makanan Dan Minuman. Ditjen Industri Agro. https://agro.kemenperin.go.id/artikel/6499-peluang-dan-tren-industri-kemasan-di-indonesia-khususnya-kemasan-makanan-dan-minuman
Prasanna. (2022). Advantages and Disadvantages of Prototype Model | Prototyping Model in Software Engineering for Testing. A Plus Topper. https://www.aplustopper.com/advantages-and-disadvantages-of-prototype-model/
Pratala, C. T., Asyer, E. M., Prayudi, I., & Saifudin, A. (2020). Pengujian White Box pada Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 111. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i2.4713.
Ragulkumar, R., & Radha, P. (2022). A novel PWA architecture for assisting homeopathy diagnosis. Int J Health Sci (Qassim), 4480-4490. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6nS1.5833.
Reipschläger, P., & Dachselt, R. (2019). DesignAR: Immersive 3D-Modeling Combining Augmented Reality with Interactive Displays. Proceedings of the 2019 ACM International Conference on Interactive Surfaces and Spaces, 29–41. https://doi.org/10.1145/3343055.3359718.
Tan, S. M., & Abdullah, F. (2022). Exploring the Integration of Visual Elements on Packaging Design to Enhance Consumer Impression in Online Shopping. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(2). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v12-i12/15898.