Rancang Bangun Aplikasi Latihan Public Speaking Berbasis iOS Menggunakan Teknologi Live Streaming Video Agora.io

Main Article Content

Reinaldo Lewis Lordianto
Mychael Maoeretz Engel

Abstract

Berbicara di depan umum (Public Speaking) adalah kegiatan presentasi secara langsung yang diberikan di depan audiens. Berbicara di depan umum bisa menjadi hal yang sangat ampuh jika digunakan dengan benar. Kita dapat membujuk dan meyakinkan orang lain, mendapatkan kepercayaan mereka, membagikan ide dan pengetahuan kita dengan percaya diri kepada mereka. Namun, sayangnya banyak orang menderita kecemasan berbicara atau takut berbicara di depan umum (Public Speaking Anxiety / Speech Anxiety) karena pengalaman yang tidak menyenangkan atau bahkan diminta untuk tampil di tempat tanpa persiapan. Pusat Nasional Neurologi dan Psikiatri melaporkan bahwa ketakutan berbicara dan berbicara di depan umum mempengaruhi sekitar 73% populasi. Sehingga, untuk mengurangi masalah tersebut maka perlu dibuatkan suatu aplikasi yang berguna untuk melatih kemampuan public speaking secara online yang mudah digunakan dan dapat mengundang komunitas atau teman yang juga menggunakan aplikasi agar menjadi lebih terbiasa dan tidak takut lagi untuk melakukan public speaking dengan memanfaatkan fitur live video streaming yang disediakan oleh platform third party yaitu agora.io. Aplikasi ini bisa digunakan oleh banyak orang. berdasarkan data sebagian besar orang pasti mengalami ketakutan berbicara didepan umum terutama saat menginjak masa perkuliahan yang diharuskan untuk siap melakukan presentasi saat adanya project. Aplikasi ini dapat digunakan untuk latihan didepan teman yang kita kenal atau komunitas yang tersedia di dalam aplikasi ini, dan dapat saling menerima dan memberikan feedback satu sama lain.

Article Details

How to Cite
Lordianto, R. L., & Engel, M. M. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Latihan Public Speaking Berbasis iOS Menggunakan Teknologi Live Streaming Video Agora.io. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 9(1), 10–23. https://doi.org/10.37715/juisi.v9i1.4325
Section
Articles

References

Apple. (n.d.). Swift. Retrieved from Apple: https://www.apple.com/id/swift/

Beta Test. (2020). Retrieved from Product Plan: https://www.productplan.com/glossary/beta-test/

Fadli, R. (2020, 04 17). Takut Bicara di Depan Orang Banyak? Mungkin Ini Alasannya. Retrieved from halodoc: https://www.halodoc.com/artikel/takut-bicara-di-depan-orang-banyak-mungkin-ini-alasannya

Firebase. (2022). Firebase Realtime Database | Firebase Documentation. Retrieved from Firebase: https://firebase.google.com/docs/database?hl=id

Ham, H. (2019, 12 26). Swift is Fun. Retrieved from Binus: https://socs.binus.ac.id/2019/12/26/swift-is-fun/

Juliarto, R. (2021, 03 10). Apa itu Activity Diagram? Beserta Pengertian, Tujuan, Komponen. Retrieved from Dicoding: https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-activity-diagram/

Juliarto, R. (2021, 05 12). Apa itu UML? Beserta Pengertian dan Contohnya. Retrieved from Dicoding: https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-uml/

Nosuke. (2020, 12 16). Xcode Tutorial : Aplikasi Terbaik untuk Ngoding iOS di Mac. Retrieved from Appkey: https://appkey.id/pembuatan-aplikasi/aplikasi-ios/xcode-tutorial/

Oktriwina, A. S. (2021, 01 31). Mengenal Alpha Testing, Tahap Pengujian Pertama sebelum Aplikasi Diluncurkan. Retrieved from glints: https://glints.com/id/lowongan/alpha-testing/#.YpAY5KhByUk

Pratala, C. T., Asyer, E. M., Prayudi, I., & Saifudin, A. (2020). Pengujian White Box pada Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path. J. Inform. Univ. Pamulang, 5(2), 111.

Rodríguez-Gil, L., García-Zubia, J., Orduna, P., & Lopez-de-Ipiña, D. (2017). An open and scalable web-based interactive live-streaming architecture: The WILSP platform. IEEE Access, 5, 9842-9856.

Setiawan, R. (2021, 11 17). Black Box Testing Untuk Menguji Perangkat Lunak. Retrieved from Dicoding: https://www.dicoding.com/blog/black-box-testing/

Shang, Z., Ebenezer, J. P., Wu, Y., Wei, H., Sethuraman, S., & Bovik, A. C. (2021). Study of the subjective and objective quality of high motion live streaming videos. IEEE Transactions on Image Processing, 31, 1027-1041.

Vinashaw. (2018). Apa yang dimaksud dengan Deployment diagram? Retrieved from Dictio: https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-deployment-diagram/15125

Wang, Z., Cui, Y., Hu, X., Wang, X., Ooi, W. T., Cao, Z., & Li, Y. (2021). Multilive: Adaptive bitrate control for low-delay multi-party interactive live streaming. IEEE/ACM Transactions on Networking, 30(2), 923-938.