Sistem Informasi Penjualan Dan Barter Barang Antik dan Koleksi

Livia Eletra Gunawan, Halim Budi Santoso

Abstract


Sebuah barang antik dan koleksi, merupakan barang yang langka dan tidak mudah untuk menemukannya. Tidak sedikit waktu yang diperlukan untuk menemukan barang antik atau koleksi yang sedang dicari. Seiring dengan perkembangan zaman, penjualan barang antik dan koleksi tidak hanya melalui tatap muka antara penjual dan pembeli namun melalui penjualan secara online. Mayoritas proses tawar menawar barang antik dan koleksi secara online hanya dapat dilakukan dengan cara tunai. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang dapat menyediakan fitur tawar menawar barang dengan cara barter maupun barter dan tunai. Sistem penjualan dan barter barang antik dan koleksi ini dapat membantu pembeli untuk melakukan tawar menawar dalam beberapa cara. Penjual dapat dengan bebas memilih penawaran yang dirasa sesuai. Proses pencarian produk juga akan sangat terbantu melalui penyaringan produk yang akan ditampilkan berdasarkan aspek tertentu. Komunikasi antara penjual pembeli juga dapat dilakukan melalui sistem karena sistem menyediakan fitur message. Tidak hanya satu cara yang difasilitasi untuk melakukan penawaran, namun terdapat tiga cara yaitu melalui barter, tunai serta barter dan tunai. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang dapat menyediakan fasilitas pembelian barang dengan cara tunai, barter serta barter dan tunai bagi para pembeli dan penjualan barang yang terkategori sehingga menolong pembeli untuk menemukan sebuah barang yang sedang dicari. Sistem ini juga menyediakan fitur-fitur yang mendukung komunikasi antara penjual dan pembeli dalam melakukan proses transaksi. 


Full Text:

PDF

References


K. Laudon and J. Laudon, Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th ed., New Jersey: Prentice Hall, 2010.

P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2009.

L. Dralle, Prinsip - prinsip Sistem Informasi Manajemen, Jakarta: RajaGrafindo, 2014.

F. L. Farmer, Antiques 101 : A Crash Course in Everything Antique, English: Krause Publication, 2005.

A. M. Lukman, "Perancangan Sistem Informasi Pemasaran dan Penjuala Berbasis Smartphone (Android) Pada Depot Air Minum," Jurnal Ilmiah ILKOM , vol. 8, no. 1, pp. 44 - 48, 2016.

A. Aryanto and T. I. Tjendrowasono, "Pembangunan Sistem Penjualan Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta," Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. 4, no. 4, pp. 56 - 62, 2012.

U. Hasanah, "SIstem Informasi Penjualan Online pada Toko Kreatif Suncom Pacitan," Indonesian Journal on Networking and Security, vol. 2, no. 4, pp. 40 - 48, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.