Program Bantu Pengelolaan Sampah dan Tabungan Berbasis Web Studi Kasus: Bank Sampah Gemah Ripah

Aristian Wibowo, Halim Budi Santoso

Abstract


Proses pengelolaan sampah dan tabungan di Bank Sampah Gemah Ripah mengalami beberapa kesulitan. Hal ini terjadi dikarenakan sistem informasi yang digunakan oleh Bank Sampah Gemah Ripah tidak dapat beroperasi sesuai prinsip dan aturan yang ditetapkan oleh Bank Sampah Gemah Ripah. Selain itu, cara penjualan yang kurang praktis seringkali menyebabkan nasabah menjadi kurang antusias untuk menjual sampah. Masalah tersebut akhirnya dapat dipecahkan dengan membangun sistem informasi berbasis web untuk mengatasi masalah pengelolaan sampah dan tabungan. Sistem ini dibangun berdasarkan data hasil wawancara dan observasi di Bank Sampah Gemah Ripah Bantul. Hasil dari sistem yang dibangun antara lain (1) admin tidak perlu memeriksa ulang tanggal pendaftaran dan saldo nasabah saat nasabah melakukan kredit atau penarikan tabungan, (2) admin tidak perlu memeriksa ulang no surat saat nasabah melakukan debit atau setor terpisah, (3) nominal debit berasal dari total nominal penerimaan dan tidak dapat diinput secara manual, (4) nasabah dapat menjual sampah secara online.  Pengujian sistem dilakukan dengan membandingkan sistem yang lama dengan sistem yang baru. Sebagai hasilnya, sistem yang baru memiliki beberapa kelebihan di bandingkan dengan sistem yang lama, yaitu: (1) Sistem memudahkan pihak pengguna dan admin untuk mengakses sistem karena sistem yang baru dapat diakses kapanpun dan dimanapun; (2) Sistem mampu mengecek tanggal pendaftaran nasabah sebelum nasabah melakukan penarikan tabungan; (3) Sistem mampu membatasi sisa saldo nasabah agar tidak kurang dari nominal pada saat nasabah melakukan kredit atau penarikan tabungan; (4) Sistem dapat melakukan pengecekkan nomor surat yang sudah disetor atau belum.

References


I. Purwanto, D. Destiani and P. Partono, "Perancangan Sistem Informasi Transaksi Tabungan Bank Sampah Garut," Jurnal Algoritma, 2012.

A. Juliandoni, "Pelaksanaan Bank Sampah Dalam Sistem Pengelolaan Sampah di Kelurahan Gunung Bahagia Balikpapan," 2013.

A. D. Riyanto and G. Kusumastuti, "Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Pada Tabungan Bank Sampah Ceria Purwokerto," Jurnal Imiah Telematika Mitra Teknologi Informasi, 2015.

H. Wattimena and D. A. Nugraha, "Sistem Informasi Pengolahan Bank Sampah Malang.," 2015.

K. S. Utami, "Aplikasi Pengolahan Bank Sampah Berbasis Android," Mawapres Nasional 2015, 2015.

T. Wahyuningrum and I. Susanto, "Perancangan Mobile Banking untuk Bank Sampah menuju Smart Clean City," 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.