Rancang Bangun Sistem Pakar Pendukung Pengambilan Keputusan Perbaikan Kerusakan Motor X Transmisi Otomatis

Wendy Marvin, David Boy Tonara

Abstract


Penggunaan motor di kalangan masyarakat Indonesia sangatlah besar. Sehingga akan berbanding lurus dengan masalah yang dialami. Menurut data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tercatat tahun 2014, total penjualan sepeda motor dari Januari sampai Juni sebesar 4.216.473 unit, dengan penjualan motor transmisi otomatis sebesar 2.711.603 unit (64,31%), motor bebek sebesar 916.313 unit (21,73%), dan motor sport sebesar 588.577 unit (13,96%). Di ketahui bahwa pengguna motor dengan transmisi otomatis sangatlah besar. Hasil Analisa masalah ditemukan banyak masalah yang sering terjadi pada motor X transmisi otomatis. Namun pada sebagian besar pengendara motor belum mengetahui masalah yang biasanya terjadi pada motor. Penyusunan fakta dan aturan yang bersumber dari buku montir dan hasil observasi dan wawancara kepada pakar yang diimplementasikan ke dalam pohon keputusan dan akan dirancang dalam bentuk aplikasi yaitu CLIPS dan Website yang dapat mendiagnosa kemungkinan kerusakan yang dapat mendukung pengambilan keputusan perbaikan kerusakan pada motor X transmisi otomatis, sehingga sangat berguna bagi pengendara motor X transmisi otomatis dalam menangani masalah yang terjadi.

Full Text:

PDF

References


A. Rukmana and I. U. Wardati, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Kerusakan Sepeda Motor Non Injeksi Pada Bengkel Gemilang Jaya Motor Kabupaten Pacitan,” Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. XI, 2014.

N. K. L. Putri, N. M. Asih and D. P. Eka Nilakusmawati, “Faktor-Faktor yang Menentukan Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Transmisi otomatis Honda di Kota Denpasar,” 2015.

A. Sujono, “Deteksi Kerusakan Busi Pada Motor Bakar Otto Dengan Metoda Pemprosesan Sinyal Getaran Dengan Wavelet,” 2014.

A. Pratama and S. Winiarti, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Tanaman Perkebunan Berbasis Multimedia,” vol. I, Juni 2013.

L. Atika, “Sistem Pakar Pendeteksi Prediksi Kemungkinan Penyakit Stroke,” vol. VII, September 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.