Penerapan Data Mining untuk Menentukan Besar Pinjaman pada Koperasi Simpan Pinjam dengan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Koperasi Wanita XYZ)

Indi Nadya Syahfitri

Abstract


Koperasi Wanita XYZ merupakan salah satu koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam dan menawarkan permohonan kredit. Selama ini untuk menentukan pemberian besar pinjaman kepada anggota dilakukan secara manual oleh pengurus Koperasi, dengan berbagai macam pertimbangan. Koperasi Wanita XYZ menerapkan sistem tanggung renteng yaitu tanggung jawab bersama dalam kelompok atas segala kewajiban terhadap koperasi. Diangkat dari masalah tersebut penulis menerapkan teknik data mining yang dapat membantu pengambilan keputusan besar pinjaman bagi anggota. Algoritma data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma C4.5. Atribut yang dipakai dalam penelitian ini adalah jumlah anggota kelompok, usia, lama keanggotaan, status, pekerjaan, jumlah permintaan, keperluan, lama angsuran, pinjaman sebelumnya, pendapatan, dan jumlah realisasi. Proses Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software WEKA. Tujuan penelitian adalah melakukan penerapan data mining untuk menentukan besar pinjaman yang akan diberikan oleh Koperasi Wanita XYZ kepada anggota menggunakan algoritma C4.5 yang kemudian akan menghasilkan sebuah pohon keputusan. Hasil penelitian dari permasalahan yang dikembangkan, dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian data mining terhadap data simpan pinjam koperasi memiliki tingkat akurasi yang baik yaitu sebesar 94,67%.

Full Text:

PDF

References


A. Elcholiqi, B. Noranita and I. Waspada, "Penentuan Besar Pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam dengan Algoritma K-Nearest Neighbor (Studi Kasus di Koperasi Simpan Pinjam BMT Bina Insani Pringapus)," Jurnal Masyarakat Informatika, p. 15, 2012.

S. G. Linoff and M. J. Berry, Data Mining Techniques: For Marketing, Sales, and Customer Relationship Management, 3rd Edition, USA: Wiley Publishing, Inc, 2004.

R. D. Jayanti and Noeryanti, "Aplikasi Metode K-Nearest Neighbor dan Analisis Diskriminasi untuk Analisis Resiko Kredit pada Koperai Simpan Pinjam di Kopinkra Sumber Rejeki," in Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi, Yogyakarta, 2014.

D. T. Larose, Data Mining Methods and Models,, New Jersey: Jhon Wiley & Sons, Inc, 2005.

C. C. Aggarwal, Data Mining, New York: IBM T.J. Watson Research Center, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.