Rancang BangunWireless Remote Sensing Sistem untuk Memantau Temperature dengan Menggunakan Protokol ZigBee

Yuwono Marta Dinata

Abstract


Dewasa ini kebutuhan informasi yang semakin meningkat mengharuskan informasi tersebut dapat diketahui secara real time. Didorong dari kebutuhan-kebutuhan realtime inilah dibutuhkan komunikasi yang dapat mengirimkan data secara cepat dan terus menerus. Khususnya untuk mengirimkan besar fisik seperti suhu. Pemantauan suhu ini menjadi sangat penting bagi keperluan analisa data cuaca. Pada penelitian ini berkonsentrasi pada pengiriman data suhu secara real time.
Metode yang saat ini digunakan untuk pengiriman data yaitu menggunakan komunikasi wireless. Komunikasi ini dipilih karena wireless lebih mudah dalam hal instalasi. Untuk komunikasi wireless digunakan sistem polling. Sistem ini di buat dengan menggunakan Coordinator dan Node. Coordinator bertugas untuk mengatur jalannya pengiriman data. Sedangkan Node bertugas untuk mengambil data dan mengirimkan ke Coordinator. Pengiriman data ini dilakukan dengan format sebagai berikut frame extended, diikuti dengan frame data. Frame extended berfungsi untuk melakukan sinkronisasi agar penerima siap menerima frame data.
Hasil dari penelitian ini yaitu topology telah berhasil dibuat. Pembacaan suhu dan pengiriman telah berhasil dilakukan dengan seratus kali pengiriman didapatkan sekitar 97% data dapat diterima. Pengiriman data dilakukan dengan menggunakan protokol ZigBee.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.