Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit)

Wimmie Handiwidjojo, Lussy Ernawati

Abstract


Duta Wacana Internal Transaction (DuWIT) adalah sebuah sistem informasi rencana anggaran pendapatan dan belanja yang ada di UKDW. Sistem informasi DuWIT untuk meng-entry anggaran pendapatan dan belanja serta untuk memonitoring penggunaan dana di setiap lembaga/fakultas/prodi/unit dilingkungan UKDW. Dengan adanya sistem ini diharapkan setiap pimpinan yang ada di lingkungan UKDW dapat merancanakan dan menggunakan dana dengan lebih efektif dan efisien karena informasi pemakaian anggaran, informasi total pemakaian anggaran per-rekening, dan informasi-informasi lain tentang penggunaan dana yang ada di setiap lembaga/fakultas/prodi/unit dapat membantu pengambilan keputusan di setiap level pimpinan. Akan tetapi, apakah sistem informasi DuWIT dalam perancangannya sudah memberikan tingkat kemudahan user interface untuk digunakan, ini menjadi pertanyaan tersendiri yang layak untuk diteliti. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Universitas Kristen Duta Wacana. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara dan penyebaran kuisioner seluruh pimpinan, baik pimpinan dalam jajaran rektorat, dekanat, lembaga-lembaga dan unit-unit. Melalui penelitian ini akan dilakukan pengukuran usability untuk mendapatkan seberapa besar tingkatan pemahaman dan kesulitan user dalam menggunakan sistem trankasi melalui antarmuka DuWIT yang sudah dibuat. Penelitian ini mengukur tingkat ketergunaan sistem melalui lima kriteria ketergunaan (usability) Nielsen, yaitu: learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat ketergunan (usability) dari sistem DuWIT, apakah mudah dipelajari, efisien, pada saat pengguna berinteraksi mudah mengingat prosedur/langkah tanpa banyak membuat banyak kesalahan, dan yang terakhir apakah pengguna merasa nyaman dalam mengoperasionalkan sistem aplikasi. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan sebagai masukan untuk pengembangan antarmuka aplikasi ini.

Full Text:

PDF

References


ISO 9241-11: 1998, Ergonomic reqirements for office work with visual display terminals (VDTs) – Part 11: Guidance on usability [2] Jeffrey Rubin and Dana Chisnell. Handbook of Usibility Testing, How to Plan, Design, and Conduct Effective Test. Wiley Publishing. 2008. Indianapolis

Joanna. 2010. Penyusunan Usability Index Browser Internet

Jool, Soohyung, et.al (2011); A Usability Evaluation Model for Academic Library Websites: Efficiency, Effectiveness and Learnability; Journal of Library And Information Studies 9:2 (December 2011) p.11-26

Nielsen J. (2012); Usability 101: Introduction to usability. Alertbox. [Internet]; Tersedia pada http://www.nngroup.com/articles/usability-101- introduction-to-usability/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.