MAKNA MOTIF BATIK PARANG SEBAGAI IDE DALAM PERANCANGAN INTERIOR

  • Sella Kristie Universitas Kristen Maranatha
  • Tessa Eka Darmayanti Universitas Kristen Maranatha
  • Sriwinarsih Maria Kirana Universitas Kristen Maranatha
Keywords: Batik Parang, perancangan interior, makna

Abstract

Batik merupakan salah satu mahakarya Indonesia dan keberadaan batik telah diakui oleh seluruh dunia. UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia, yaitu sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity pada tanggal 2 oktober 2009. Batik memiliki banyak jenis corak dan makna di dalamnya dan motif Parang akan menjadi fokus pada artikel ini. Makna yang terkandung di dalam motif dapat menjadi inspirasi dan diterapkan didalam sebuah perancangan interior. Artikel kualitatif ini menggunakan pendekatan kajian budaya yang didukung dengan eksplorasi literatur. Penelitian ini memiliki kontribusi dalam memberikan ide dalam penerapan berbagai makna motif Parang ke dalam elemen ruang, selain itu memberikan pandangan bahwa batik bukan saja sehelai kain dekoratif, namun juga memiliki berbagai arti mendalam yang dapat menjadi identitas bangsa Indonesia.

References

Azizah, Vina Mufti. 2016. Skripsi: Semiotika Motif Batik Parang Rusak Di Museum Batik Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

A.Filzah, Erlina. 2016. Skripsi: Klasifikasi Motif Batik Menggunakan Perhitungan Euclidean Distance Berdasarkan Ekstraksi Fitur Gray Level Co-Occurrence Matrix. Semarang:
Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

Ching, Franchis D.K. 1996. Ilustrasi Desain Interior. Jakarta: Airlangga.

Elliot, Inger McCabe. 2004. BATIK: FABLED CLOTH OF JAVA. Singapore: Periplus Edition.

Goodminds. Goodminds.id. 2018. https:// goodminds.id/arti-warna/Insati, Imama Lavi.2016. GoodNews from Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia. id/2016/03/28/makna-batik-parang-yangtak- sembarangan
Published
2019-04-22
Section
Articles