HUBUNGAN INTERPERSONAL DALAM KONTEKS SOSIAL MASYARAKAT URBAN YOGYAKARTA: KAJIAN PRIVASI AKUSTIK, VISUAL DAN FISIK

Lya Dewi Anggraini

Abstract


Aktivitas manusia sehari-hari memiliki kebutuhan akan kendali atas interaksi dengan orang lain yang berlebihan secara akustik, visual, maupun fisik. Penelitian ini menganalisis ulang data sekunder yang diambil untuk disertasi yang tidak dipublikasikan, berupa hasil survei terhadap 87 responden di dua pusat urban di Yogyakarta, Pecinan dan Kauman, yang dipersempit menjadi 30 subjek. Survei mengujikan jarak sosial melalui hubungan interpersonal untuk aspek privasi akustik, visual dan fisik, berdasarkan kategori “orang asing”, “pelanggan”, “pekerja/pelayan”, “teman”, “keluarga” dan “diri sendiri”. Dari setiap kategori, jawaban responden terganggu atau tidak akan memberi nilai nihil atau ada untuk 16 jenis kegiatan seharihari yang mencakup kegiatan pribadi hingga sosial. Hasilnya menunjukkan bahwa kebutuhan privasi responden berbeda-beda yang dipengaruhi oleh situasi sosial lingkungan hunian mereka. Responden cenderung mengabaikan “teman” dan sangat sedikit mengakui “diri sendiri” pada saat melakukan kegiatan pribadi, misalnya, mandi mengizinkan “keluarga”. Hal ini mengungkapkan makna praktis modal sosial yang terjadi di wilayah urban Yogyakarta bahwa nilai-nilai sosial masyarakat masih dijunjung tinggi, ditunjukkan melalui nilai individual tidak tampak menonjol, sementara “teman” dalam situasi lingkungan hunian dianggap hubungan yang tidak memiliki jarak sosial yang nyata.

Keywords


Hubungan interpersonal; Kegiatan sehari-hari; Privasi visual; Privasi fisik; Privasi akustik

Full Text:

PDF

References


Alexander, C, et.al. (1977). A Pattern Language. New York: Oxford University Press.

Altman, I. (1975). The Environment and Social Behavior. Monterey, CA: Brooks/Cole.

Baron, S, Field, J, dan Schuller, T. (2000). Social Capital: Critical Perspectives. Great Britain:Oxford University Press.

Field, J. (2003). Social Capital. Great Britain: Routledge.

Habraken, NJ. (1998). The Structure of the Ordinary: Form and Control in the Built Environment. USA: Graphic Composition, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats