ANALISA PERKEMBANGAN MOTIF UKIRAN DI JEPARA PADA ABAD KE-16 HINGGA ABAD KE-17

Ayuningtyas Putri Pratiwia, Kerin Khairunisa Kenangb, Ulli Aulia Ruki

Abstract


Jepara adalah sebuah kota kabupaten yang terletak di kawasan pantai utara Jawa Tengah. Jepara dikenal sebagai pusat industri mebel ukir di Indonesia. Pada abad ke-16 hingga abad ke-17 terutama pada era kepemimpinan Ratu Kalinyamat, seni ukir di Jepara berkembang dengan pesat. Pada masa itu terdapat banyak variabel yang masuk dan kemudian mempengaruhi motif ukiran yang ada pada seni ukir di Jepara yakni antara lain pengaruh dari unsur-unsur gaya seni yang bercorak Hindu, Islam, Cina, dan Eropa. Hal ini menyebabkan terjadinya percampuran antara gaya desain pada motif yang berasal dari Indonesia dengan gaya desain pada motif yang dibawa dari pengaruh luar. Motif ukir di Jepara juga dipengaruhi oleh tren mebel secara global, seperti gaya seni Eropa Barat (Ionia, Doria, Korinthia, Renaisans, Barok, Rokoko, Gothik, Georgian, Klasik, dll), India, Tionghoa, Arab, Egyptian, dan beberapa bangsa lain yang justru akan semakin memperkaya khasanah budaya bangsa. Seiring dengan berjalannya seni tradisional setempat kehadiran berbagai gaya seni tersebut justru akan semakin mempercantik produk yang dihasilkan tanpa kehilangan nilai seni dan tradisi budaya bangsa.

Keywords


ratu kalinyamat; motif ukiran; Jepara

Full Text:

PDF

References


Gustami, S. (2000). Seni Kerajinan Furniture Ukir Jepara, Kajian Estetik Melalui Pendekatan Multidisiplin. Yogyakarta, DIY, Yogyakarta: Penerbit Kanasius.

Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Jepara. (1979). Risalah dan Kumpulan Data Tentang Perkembangan Seni Ukir Jepara. Jepara, Jawa Tengah, Indonesia.

Mashudi, A. R. (2011). Dinamika Masjid Agung Baitul Makmur Kabupaten Jepara (Sejarah, Perkembangan dan Peranannya Bagi Pembinaan Umat). Jepara, Jawa Tengah, Indonesia: Pengurus Masjid Agung Baitul Makmur Kabupaten Jepara.

Sumartono, A. (1997). Desain ukir Jepara: kajian tentang kreativitas seni pada masyarakat perajin ukir di Desa Sukodono, Jepara, Jawa Tengah. Jakarta, Jakarta, Indonesia:

Universitas Indonesia.

Rombe, O. S., Sofiana, Y., Kurniawan, B. K., & Nangoy, O. M. (2016, 4 2). The Jepara Chairs Based On Their Style And Period. Humaniora .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats