LIGHTING PERFORMANCE PADA RUANG KELAS DI BANGUNAN BERSEJARAH

  • Rani Prihatmanti Universitas Ciputra
  • Maria Yohana Susan Universitas Ciputra

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian jangka pendek yang bertujuan untuk meneliti keadaan pencahayaan di dalam ruang dari beberapa bangunan bersejarah yang telah di-adaptive reuse menjadi sekolah menengah atas di Surabaya. Hal ini untuk mengetahui apakah bangunan-bangunan yang diteliti tersebut sudah memenuhi standar untuk pencahayaan dalam kelas atau belum. Level pencahayaan di dalam kelas sangat berpengaruh terhadap learning performance dari murid yang sangat berdampak ke academic performance-nya. Untuk itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan data kualitatif sebagai pendukung. Level pencahayaan dalam ruang diukur dengan menggunakan light meter dan juga dilakukan walk-through inspection (observasi) di setiap bangunan untuk mengetahui keadaan eksisting bangunannya. Kuesioner juga dibagikan kepada para responden untuk mengetahui kepuasan dalam hal pencahayaan di dalam kelas. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi parameter untuk dipertimbangkan dalam mengkonservasi bangunan bersejarah, khususnya yang di-adaptive reuse.

References

Kreider, et al. 2001. Handbook of heating, ventilating, and air conditioning.Boca Raton: CRC Press.
Kwong & Ali, 2011, A Review of Energy Efficiency Potentials in Tropical Buildings-Perspective of Enclosed Common Areas, Renewable and Sustainable Energy Reviews, Science Direct.
Lauber, Wolfgang. 2005. Tropical architecture. New York: Prestel
Lechner, Norbert. 2009. Heating, cooling, lighting: Sustainable design methods for architects.USA: John Wiley & Sons.
Published
2017-04-11
Section
Articles