Tinjauan Aksesibilitas pada Ruang Publik Hunian Bagi Kaum Lanjut Usia (Studi Kasus Pada Area Makan Panti Tresna Wredha Nazareth, Bandung)

Selfiana Atmacendana, Yunita Setyoningrum, Yudita Royandi

Abstract


Penuaan adalah proses alamiah yang dialami oleh manusia. Ketika menua, manusia biasanya mengalami penurunan fungsi tubuh, baik fisik, mental, dan psikologis. Kondisi penurunan fungsi ini menyebabkan terjadinya berbagai masalah yang berdampak pada ketidaknyamanan kaum lanjut usia untuk tetap hidup di dalam lingkungan mereka. Kaum lanjut usia membutuhkan perlakuan khusus untuk dapat melanjutkan kebiasaan hidup mereka semasa muda. Penelitian ini menelaah aspek aksesibilitas lingkungan panti wredha sebagai salah satu aspek penting yang diperlukan untuk menjaga keberlanjutan kualitas hidup kaum lanjut usia. Pembahasan mengacu pada empat aspek aksesibilitas, yaitu kemudahan, kegunaan, keselamatan, dan kemandirian. Pembahasan dilakukan berdasarkan observasi pada aktivitas kaum wanita lanjut usia pada area makan Panti Tresna Wredha Nazareth di Bandung sebagai studi kasus. Penelitian dilakukan pada tiga kategori kondisi fisik wanita lanjut usia 65-70 tahun, yaitu: a) mampu berjalan normal, b) berjalan dengan bantuan wheel rollator walker, dan c) berjalan dengan walker empat kaki. Dari penelitian ini, diperoleh temuan bahwa desain ruang sosial harus lebih memperhatikan faktor jalur sirkulasi, area clearance di sekitar tataan furnitur, dan desain furnitur yang digunakan.

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. W. (2013). Laporan Pendahuluan Praktikum Pengukuran Kekuatan Otot. Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Keperawatan , Depok.

Annisa, H. (2010). Identifikasi Karakteristik Tempat Rekreasi yang Menarik untuk Dikunjungi Para Lansia dari Segi Penawaran. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 23 (2).

Atmacendana, S. (2016). Tinjauan Aksesibilitas Desain Area Makan bagi Lansia (Studi Kasus: Panti Tresna Wredha Nazareth). Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Maranatha, Program Studi Desain Interior, Bandung.

Central Public Works Dept. Ministry of Urban Affairs and Employment of India. (1998). Guidelines and Space Standards for Barrier-Free Built Environment for DIsabled and Elderly Persons. India.

Chiara, J. D. (1973). Time-Saver Standards for Building Types, Third Edition. New York: Mc-Graw Hills Book Company .

Neufert, E. (2002). Data arsitek Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Panero, J., & Zelnik, M. (2003). Dimensi Manusia dan Ruang Interior. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats