PERANCANGAN CAFE DAN CO – WORKING SPACE HILLS

Elaine Yovita, Gervasius Herry Purwoko, Stephanus Evert Indrawan

Abstract


Proyek akhir yang dipilih oleh penulis adalah sebuah kafe sekaligus co – working space bernama HILLS yang terletak di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Lingkup area perancangan meliputi area lobby, area lantai satu, lantai mezzanine, dan area tangga, dengan total luas area yang didesain adalah 1.050 m2. Ketentuan yang ditentukan oleh klien adalah menggunakan style Industrial yang dipadukan dengan minimalis, serta dapat merepresentasikan brand HILLS tersebut. Dalam perancangan proyek akhir ini, penulis menerapkan solusi desain berwawasan psikologi lingkungan. Psikologi lingkungan sendiri adalah sebuah disiplin yang memperlajari interaksi antara pengguna dan lingkungannya, baik lingkungan alami maupun lingkungan buatan. Dengan adanya penerapan konsep berwawasan psikologi lingkungan tersebut, diharapkan penulis dapat menghasilkan solusi desain yang mampu memberikan kenyamanan dan meningkatkan performa bagi pengguna kafe maupun pengguna co – working space HILLS. Berdasarkan analisa – analisa yang telah dilakukan, penulis memilih konsep Colourful Hills untuk diterapkan pada proyek akhir ini. Konsep colourful dipilih sebagai penerapan dari psikologi lingkungan yang akan diaplikasikan pada tata letak dan organisasi ruang sesuai dengan psikologi warna yang dinamakan colourful neighbourhoods. Sedangkan konsep hills dipilih sebagai penerapan dari konsep arsitektural serta brand dari klien yang akan diaplikasikan pada karakter gaya, suasana ruang, furnitur, dan bentuk pelingkup pada interior kafe sekaligus co – working space HILLS.

Keywords


Kafe; Co – Working Space; Psikologi Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Ching, Francis D.K. 2015. Architecture Form, Space & Order. John Wiley & Sons, Inc. USA.

De Chiara, Joseph., Panero, Julius., & Zelnik, Martin. 1992. Time saver Standars for Interior Design and Space Planning.

McGraw-Hill, Inc. Singapore. Ergin, Durgyu. (2014). How to Create a Co – working space Handbook. Milano.

Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII). (2006). Buku Pedoman Hubungan Kerja Antara Desainer Interior dan Pemberi Tugas. Djil. II. HDII. Jakarta.

Kopec, DAK. 2012. Environmental Psyhcology for Design. Second Edition. Fairchilg Books.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats