Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Kebahagiaan Pada Mahasiswa Perantau Di Surabaya

Jessica Harijanto, Jenny Lukito Setiawan

Abstract


Banyak mahasiswa perantau yang rela meninggalkan daerah asalnya yang untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik di daerah lain. Ketika seseorang memasuki daerah baru, ia akan menghadapi berbagai permasalahan yang dapat mempengaruhi kebahagiaannya. Salah satu faktor yang diduga berhubungan dengan kebahagiaan adalah dukungan sosial. Ketika seseorang mendapatkan dukungan sosial, ia akan merasa dicintai, diperhatikan, dan dihargai oleh individu lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan kebahagiaan pada mahasiswa perantau di Universitas X Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Responden penelitian ini adalah 170 orang mahasiswa perantau dari Universitas X yang berada di semester pertama, tidak tinggal bersama orangtua, serta menetap sementara di Surabaya karena studi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara dukungan sosial dan kebahagiaan pada mahasiswa perantau di Universitas X Surabaya (r = 0.515, p < 0.001). Kata kunci: dukungan sosial, kebahagiaan, mahasiswa perantau

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N. & Purnamasari, A. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga, dan self regulated learning pada siswa kelas VIII. Humanitas, vol. 8, no. 1, hh. 17-27.

Baumgardener, S. R., & Crothers, M. K. (2010). Positive psychology. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Cohen, S. & McKay, G. (1984). Social support, stress and the buffering hyphotesis: A theoretical Analysis. Handbook of Psychology and Health Hillsdale, hh. 253-267.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.