Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Ketentuan Umum:

  1. Panjang maksimum naskah: 10 halaman (termasuk daftar pustaka)
  2. Format konten naskah adalah dua kolom (contoh naskah diberikan pada file yang lain).
  3. Margin atas dan bawah: 1 inchi
  4. Margin kiri dan kanan: 1 inchi 
  5. Ukuran kertas: A4  

Judul Naskah Publikasi 

(Center, Times New Roman 14)

[Maksimum 12 kata dalam bahasa Indonesia dan 10 kata dalam bahasa Inggris. Judul sebaiknya ringkas dan lugas menggambarkan isi tulisan. Boleh menggunakan judul yang kreatif dan menarik minat pembaca. Lokasi penelitian dipaparkan di bagian metode, tidak disebut di judul]

Penulis 1 

1Institusi/afiliasi; alamat, telp/fax of institusi/afiliasi

Penulis 2

1Institusi/afiliasi; alamat, telp/fax of institusi/afiliasi

 (Center, Times NewRoman 11 spasi 1)

 

Abstrak. Maksimal 150 kata ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia secara terpisah  dengan huruf Times New Roman 10,  spasi 1. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah yang diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, hipotesis, metode penelitian dan ringkasan hasil. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat. 

Kata kunci: (dicetak miring, ditulis secara alfabetis) 3-5 kata 



[Bagian pendahuluan, permasalahan dan landasan teoritis]

Uraikan tentang latar belakang permasalahan, tujuan dan manfaat penelitian, kajian teori, dan  diakhiri dengan hipotesis (jumlah hlm maksimal  20% dari keseluruhan hlm naskah). Berisi; (a) paparan perkembangan terkini bidang ilmu yang diteliti yang argumentasinya didukung oleh hasil kajian pustaka primer dan mutakhir; (b) paparan kesenjangan; (c) argumentasi peneliti dalam menutup kesenjangan tersebut sebagai janji kontribusi penelitian bagi perkembangan ilmu; dan (d) paparan tujuan penelitian.

[Justify/rata kanan-kiri, times new roman 12, spasi 1)



METODE

Berisi identifikasi variabel, subjek penelitian, instrumen penelitian, dan metode penelitian termasuk teknik analisis statistik yang digunakan (jumlah hlm maksimal 20%). Berisi paparan tentang segala sesuatu yang memang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian secara jelas seolah olah memberi peluang peneliti lain untuk melakukan replikasi atau verifikasi terhadap penelitiannya. Hindari definisi-definisi yang dikutip dari buku dalam paparan di bagian metode. 

[Justify/rata kanan-kiri, times new roman 12, spasi 1)

 

HASIL DAN DISKUSI

Hasil penelitian terdiri dari statistika deskriptif, hasil uji asumsi, dan hasil uji hipotesis kemudian dianalisis secara kritis (maks. 20% dari keseluruhan hlm naskah) dipaparkan secara berurutan atau terpadu. Paparan bagian hasil berisi hasil analisis data. Jika ada tabel/bagan/gambar berisi paparan hasil analisis yang sudah bermakna dan mudah dipahami maknanya secara cepat. Tabel/bagan/gambar tidak berisi data mentah yang masih dapat atau harus diolah.

 

Penjelasan mengenai hasil penelitian, dikaitkan dengan hasil penelitian-penelitian sebelumnya, dianalisis secara kritis dan dikaitkan dengan literatur terkini yang relevan  (jumlah hlm maksimal  30-40% dari keseluruhan hlm naskah). Paparan bagian diskusi berisi pemberian makna secara substansial terhadap hasil analisis dan perbandingan dengan temuan-temuan sebelumnya berdasarkan hasil kajian pustaka yang relevan, mutakhir dan primer. Perbandingan tersebut sebaiknya mengarah pada adanya perbedaan dengan temuan penelitian sebelumnya sehingga berpotensi untuk menyatakan adanya kontribusi bagi perkembangan ilmu. 

[Justify/rata kanan-kiri, times new roman 12, spasi 1)

 

SIMPULAN

Isi kesimpulan merupakan rumusan jawaban dari tujuan penelitian bukan rangkuman hasil penelitian. Kesimpulan dibuat secara ringkas, jelas dan padat didasarkan pada hasil dan diskusi (maksimal 1 hlm), dibuat  dalam bentuk alinea (bukan numerik), berisi temuan penelitian sebagai sintesis antara hasil analisis data dan hasil pembahasan, serta lebih menonjolkan hal-hal yang baru yang memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu psikologi.

[Justify/rata kanan-kiri, times new roman 12, spasi 1)

 

Saran

Saran dibuat secara ringkas, jelas dan padat, dan dibuat  dalam bentuk alinea (bukan numerik). 

[Justify/rata kanan-kiri, times new roman 12, spasi 1)

 

REFERENSI

(Tuliskan daftar pustaka yang menjadi acuan secara alfabetis dan kronologis. Daftar Pustaka adalah daftar acuan/referensi bukan bibliografi, maka harus memuat semua sumber yang diacu dalam naskah, dan tidak perlu memuat sumber yang tidak diacu. Daftar rujukan berisi semua yang dirujuk dalam teks yang berasal dari sumber yang; (a) relevan, (b) minimal 80% mutakhir (10 tahun terakhir), dan (c) minimal 80% primer, terutama dari artikel jurnal). Penulisan referensi pada Jurnal Psychorpreneur mengacu pada  American Psychological Association  (APA) 6Ed Tahun 2010 http://www.apastyle.org/pubmanual.html

[Justify/rata kanan-kiri, times new roman 12, spasi 1)

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.