Penanaman Nilai dan Moral pada Anak sebagai Modal Sociopreneur Melalui Mendongeng

Chrysogonus Siddha Malilang, Andrian Liem

Abstract


Di negara berkembang, termasuk Indonesia, banyak permasalahan terkait kemiskinan, misalnya buta huruf, masalah kesehatan, serta kesenjangan sosial-ekonomi. Kemiskinan menjalar dalam beragam bentuk dan menjadi inti dari permasalahan sosial. Ketidakmerataan ekonomi, keberagaman dalam masyarakat, berbagai aspek politik, serta kondisi geografis negara kepulauan yang tersebar dapat menjadi sumber konflik sosial laten. Salah satu cara untuk menghadapinya adalah mendorong lahirnya sociopreneur. Salah satu karakter yang membedakan antara business entrepreneur dan social entrepreneur adalah kepedulian sosial dan kesadaran komunitas, disebut dengan altruisme. Pribadi altruistik memiliki lima karakteristik, yaitu empati yang tinggi, mempercayai dunia yang adil, tanggung jawab sosial, locus of control internal, dan egosentrisme rendah. Telah terbukti bahwa mendongeng efektif dalam menanamkan nilai dan moral pada anak-anak. Anak belajar untuk bersabar, berimajinasi, dan menggunakan emosi saat mendengar dongeng. Dalam paparan ini dijelaskan lima tahap untuk masa kanak-kanak awal agar mendongeng efektif untuk menanamkan nilai dan moral pada anak, yaitu berpikir reflektif dan diskusi, membandingkan beberapa dongeng serupa, memberi respon dengan menggambar dan menulis, dramatisasi, dan narasi oral. Oleh karena itu, melalui paparan ini, para pendidik diharapkan mampu memanfaatkan dongeng secara efektif untuk menanamkan nilai dan moral pada anak-anak sebagai modal mendorong lahirnya para sociopreneur.

Keywords


dongeng; karakter; nilai; altruisme; sociopreneur

Full Text:

PDF

References


Baron, R.A. & Byrne, D. 2003. Social Psychology (10th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Bergner, R.M. 2007. Therapeutic Storytelling Revisited. American Journal of Psychotherapy, 61 (2): 149–162.

Brooks, A.C. 2009. Social Entrepreneurship: a Modern Approach to Social Venture Creation. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Ciputra. 2008. Ciputra Quantum Leap: Entrepreneurship

Mengubah Masa Depan Bangsa dan Masa Depan Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo.

DeRosier, M.E. & Mercer, S.H. 2007. Improving Student Social Behavior: the Effectiveness of a Storytelling-Based Character

Education Program. Journal of Research in Character Education, 5 (2): 131–148.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats 

Copyright ©2018 Universitas Ciputra