Kelayakan Instrumen Evaluasi Fasilitator Berdasarkan Persepsi Mahasiswa Studi Kasus Pembelajaran Entrepreneurship Universitas Ciputra Surabaya

Johan Hasan, Lili Kristanti, Lenny Rosita

Abstract


Evaluasi terhadap pengajar oleh students adalah penting dan umum dilakukan di universitas, baik dengan nama Student Evaluation of Educational Quality (SEEQ) dikembangkan Herbert Marsh, Student Instructional Report (SIR) dikembangkan oleh John Centra, Teaching Behaviors Inventory(TBI)dikembangkan oleh Harry Murray ataupun Student Evaluation of Teaching. Namun bagaimana evaluasi terhadap pengajar, jika pengajaran entrepreneurship yang dilakukan menggunakan project based learning yang membutuhkan bukan saja pengajaran, tetapi juga mentoring, workshop dari seorang entrepreneurs enabler atau dalam konteks Universitas Ciputra disebut fasilitator? Tulisan ini mencoba mengukur kelayakan instrumen evaluasi fasilitator tersebut yang dibuat sendiri oleh lembaga tersebut atau biasa disebut homegrown system.

Full Text:

PDF

References


Hativa, N. 2014. Student Ratings of Instruction:

A Practical Approach to Designing, Operating,

and Reporting (Second ed.). USA:

Create Space Independent Publishing Platform.

McMullan, C.A. & Boberg, A.L. 1991. The

Relative Effectiveness of Projects in Teaching

Entrepreneurship. Journal of Small

Business & Entrepreneurship, 9(1), 14-24.

Morris, M.H., Kuratko D.F., & Cornwall J.R.

Entrepreneurship Programs and The

Modern University. Northampton, MA:

Edward Elgar Publishing.

Neck, H.M., Greene, P.G., & Brush, H.M.

Teaching Entrepreneurship. Northampton,

MA: Edward Elgar Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats 

Copyright ©2018 Universitas Ciputra