Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah

Lila Bismala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model manajemen UMKM yang dapat diaplikasikan oleh UMKM dalam usaha meningkatkan efektivitas UMKM. Model manajemen ini memuat aspek manajemen perusahaan, yaitu manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan, di mana pada sisi lain ada pengukuran kinerja UMKM sehingga mereka mampu mengukur kinerjanya untuk mengetahui perkembangan usahanya dari waktu ke waktu. Dalam aplikasi model manajemen UMKM nantinya, UMKM perlu melakukan analisis strengths, weaknesses, opportunities, threats (SWOT) terhadap aktivitas hariannya terkait aspek manajemen usaha sehingga secara umum UMKM tersebut dapat mengetahui perkembangan usahanya dan melakukan evaluasi terhadapnya.

Keywords


model manajemen, UMKM, efektivitas

Full Text:

PDF

References


Bismala, L. & Handayani, S. 2014. Model Manajemen

UMKM Berbasis Analisis SWOT.

Prosiding Seminar Nasional PB3I ITM.

Setyobudi, A. 2007. Peran Serta Bank Indonesia

dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil

dan Menengah (UMKM). Buletin Hukum

Perbankan dan Kebanksentralan, 5 (2): 29–

Supeni, R.E. & Sari, M.I. 2011. Upaya Pemberdayaan

Ekonomi Perempuan Melalui Pengembangan

Manajemen Usaha Kecil.

Laporan Seminar Tidak Diterbitkan. Jember:

Fakultas Ekonomi UNIMUS.

Tambunan, T. 2002. Usaha Kecil dan Menengah

di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Jakarta:

Salemba.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats 

Copyright ©2018 Universitas Ciputra