Minat Berwirausaha pada Mahasiswa yang Tidak Melanjutkan Rintisan Usaha: Sikap Kewirausahaan, Perspektif Lingkungan untuk Berwirausaha, dan Persepsi Kemampuan Berwirausaha

Claudia Tjakranegara, Tommy C. Efrata

Abstract


Penelitian yang berfokus pada minat berwirausaha pada mahasiswa sudah banyak dilakukan. Walau demikian penelitian yang secara spesifik meneliti mahasiswa yang memilih untuk tidak melanjutkan rintisan usahanya pada saat kuliah belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap kewirausahaan, perspektif lingkungan untuk berwirausaha, dan persepsi kemampuan berwirausaha terhadap minat untuk berwirausaha pada mahasiswa yang tidak melanjutkan rintisan usaha pada saat kuliah. Sampel diseleksi menggunakan metode random sampling. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 133 mahasiswa. Data dianalisis dengan menggunakan structural equation modeling–partial least square (SEM–PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap kewirausahaan, perspektif lingkungan untuk berwirausaha, dan persepsi kemampuan berwirausaha berpengaruh secara signifikan terhadap minat untuk berwirausaha. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 67,9% menunjukkan bahwa variabilitas konstruk minat untuk berwirausaha (Y) dapat dijelaskan oleh variabilitas konstruk sikap kewirausahaan, perspektif lingkungan untuk berwirausaha, dan persepsi kemampuan berwirausaha. Hasil penelitian ini mengonfirmasi model minat berwirausaha berbasiskan teori perilaku terencana yang telah dilakukan pada penelitianpenelitian sebelumnya.

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior.

Organizational Behavior and Human Decision

Processes, 50(2), 179–211.

Aprilianty, E. 2013. Pengaruh Kepribadian Wirausaha,

Pengetahuan Kewirausahaan, dan

Lingkungan terhadap Minta Berwirausaha

Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).

Abdillah, W., & Jogiyanto, H. M. 2015. Partial

Least Square (PLS) – Alternatif Structural

Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian

Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Carr, J. C., & Sequeira, J. M. 2007. Prior family

business exposure as intergenerational influence

and entrepreneurial intent: A theory

of planned behavior approach. Journal

of Business Research, 60(10), 1090–1098.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats 

Copyright ©2018 Universitas Ciputra