Minat Berwirausaha pada Mahasiswa yang Tidak Melanjutkan Rintisan Usaha: Sikap Kewirausahaan, Perspektif Lingkungan untuk Berwirausaha, dan Persepsi Kemampuan Berwirausaha

  • Claudia Tjakranegara
  • Tommy C. Efrata

Abstract

Penelitian yang berfokus pada minat berwirausaha pada mahasiswa sudah banyak dilakukan. Walau demikian penelitian yang secara spesifik meneliti mahasiswa yang memilih untuk tidak melanjutkan rintisan usahanya pada saat kuliah belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap kewirausahaan, perspektif lingkungan untuk berwirausaha, dan persepsi kemampuan berwirausaha terhadap minat untuk berwirausaha pada mahasiswa yang tidak melanjutkan rintisan usaha pada saat kuliah. Sampel diseleksi menggunakan metode random sampling. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 133 mahasiswa. Data dianalisis dengan menggunakan structural equation modeling–partial least square (SEM–PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap kewirausahaan, perspektif lingkungan untuk berwirausaha, dan persepsi kemampuan berwirausaha berpengaruh secara signifikan terhadap minat untuk berwirausaha. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 67,9% menunjukkan bahwa variabilitas konstruk minat untuk berwirausaha (Y) dapat dijelaskan oleh variabilitas konstruk sikap kewirausahaan, perspektif lingkungan untuk berwirausaha, dan persepsi kemampuan berwirausaha. Hasil penelitian ini mengonfirmasi model minat berwirausaha berbasiskan teori perilaku terencana yang telah dilakukan pada penelitianpenelitian sebelumnya.

References

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior.
Organizational Behavior and Human Decision
Processes, 50(2), 179–211.
Aprilianty, E. 2013. Pengaruh Kepribadian Wirausaha,
Pengetahuan Kewirausahaan, dan
Lingkungan terhadap Minta Berwirausaha
Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).
Abdillah, W., & Jogiyanto, H. M. 2015. Partial
Least Square (PLS) – Alternatif Structural
Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian
Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Carr, J. C., & Sequeira, J. M. 2007. Prior family
business exposure as intergenerational influence
and entrepreneurial intent: A theory
of planned behavior approach. Journal
of Business Research, 60(10), 1090–1098.
Published
2017-02-08
Section
Articles