Penerapan Pembelajaran Model Carousel Feedback dan Showdown pada Mata Pelajaran Entrepreneurship untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keaktifan, dan Efikasi Diri

Jefry Aulia Martha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar, keaktifan, dan efikasi diri pada siswa mata pelajaran entrepreneurship melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif yaitu carousel feedback dan showdown. Terdapat dua siklus yang digunakan dalam penelitian ini dengan tiga pertemuan per siklusnya. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi, dan rencana perbaikan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes, lembar observasi, kuesioner, catatan lapangan, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri atas 32 siswa kelas X jurusan Multimedia di SMKN 1 Bondowoso. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model carousel feedback dan showdown mampu meningkatkan hasil belajar, keaktifan, dan efikasi diri siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa meningkat dari 73,44% pada siklus pertama menjadi 86,84% pada siklus kedua, sedangkan keaktifan siswa meningkat dari 60% dari siklus pertama menjadi 79% pada siklus kedua. Ditemukan pula peningkatan jumlah siswa yang memiliki efikasi diri sangat tinggi dari 15 siswa di siklus pertama menjadi 25 siswa di siklus kedua.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Hammer, V.A. 2001. The Influence of Interaction

on Active Learning, Learning

Outcomes, and Community Bonding in

an Online Technology Course. Unpublished

Dissertation. Cincinnati, Ohio:

University of Cincinnati.

Kagan, S. & Kagan, M. 2009. Kagan Cooperative

Learning. San Clemente, California:

Kagan Publishing.

Kusuma, N. 2012. Penggunaan Model Carousel

Feedback untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Materi Peta pada Siswa

Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Madiun.

Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana

Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats 

Copyright ©2018 Universitas Ciputra