Penerapan Pembelajaran Model Carousel Feedback dan Showdown pada Mata Pelajaran Entrepreneurship untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keaktifan, dan Efikasi Diri

  • Jefry Aulia Martha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar, keaktifan, dan efikasi diri pada siswa mata pelajaran entrepreneurship melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif yaitu carousel feedback dan showdown. Terdapat dua siklus yang digunakan dalam penelitian ini dengan tiga pertemuan per siklusnya. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi, dan rencana perbaikan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes, lembar observasi, kuesioner, catatan lapangan, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri atas 32 siswa kelas X jurusan Multimedia di SMKN 1 Bondowoso. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model carousel feedback dan showdown mampu meningkatkan hasil belajar, keaktifan, dan efikasi diri siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa meningkat dari 73,44% pada siklus pertama menjadi 86,84% pada siklus kedua, sedangkan keaktifan siswa meningkat dari 60% dari siklus pertama menjadi 79% pada siklus kedua. Ditemukan pula peningkatan jumlah siswa yang memiliki efikasi diri sangat tinggi dari 15 siswa di siklus pertama menjadi 25 siswa di siklus kedua.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Hammer, V.A. 2001. The Influence of Interaction
on Active Learning, Learning
Outcomes, and Community Bonding in
an Online Technology Course. Unpublished
Dissertation. Cincinnati, Ohio:
University of Cincinnati.
Kagan, S. & Kagan, M. 2009. Kagan Cooperative
Learning. San Clemente, California:
Kagan Publishing.
Kusuma, N. 2012. Penggunaan Model Carousel
Feedback untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Materi Peta pada Siswa
Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Madiun.
Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana
Universitas Negeri Malang.
Published
2016-09-01
Section
Articles