Penerapan Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Entrepreneurship

Fanggi Ananta Tirtana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together, mengetahui keaktifan belajar siswa pada saat penerapan model belajar numbered heads together, dan mengetahui prestasi belajar siswa setelah penerapan model tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yang terdiri atas tiga pertemuan dalam satu siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes kepada 43 siswa (18 laki-laki dan 25 perempuan) kelas XI program keahlian Perhotelan SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan numbered heads together di kelas XI Perhotelan SMK Muhammadiyah berjalan baik, (2) penerapan numbered heads together dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, dan (3) penerapan numbered heads together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi Aksara.

Daud, F. & Fausan, M.M. 2011. Penerapan

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Numbered Heads Together untuk Meningkatkan

Keaktifan dan Hasil Belajar

pada Konsep Ekosistem bagi Siswa Kelas

VII.A, SMPN 5 Takalar. Jurnal Chemica,

(1): 40–46.

Hasmi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Numbered Heads Together

(NHT) pada Mata Pelajaran IPA

untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Kelas IV SDN Oloboju Kecamatan Sigi

Biromaru. Jurnal Ilmiah Universitas

Tadulako, 1 (1): 1–14.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif.

Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats 

Copyright ©2018 Universitas Ciputra