Preparing Green Entrepreneurs for Sustainable Development

Ery Tri Djatmika

Abstract


Perhatian mengenai dimensi sosial dan lingkungan dalam aktivitas ekonomi merupakan tanggung jawab terkait dengan pembangunan berkelanjutan untuk keberlangsungan bisnis dan memenuhi harapan generasi mendatang. Artikel ini memaparkan mengenai pemahaman mahasiswa peserta perkuliahan entrepreneurship tentang dimensi-dimensi green entrepreneur yaitu clean-growth, socially-aware, dan environmentally-save businesses sebagai triple bottom line, dan menguji kesesuaian model instrumen kebijakan dengan dimensi-dimensi tersebut. Data penelitian survey ini diperoleh dari mahasiswa peserta mata kuliah entrepreneurship dan dianalisis dengan mempergunakan persentase, uji-t sampel berpasangan, dan multivariate general linear model. Mempertimbangkan pentingnya peran institusi perguruan tinggi dalam pengimplementasian pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, maka pembelajaran entrepreneurship perlu mengintegrasikan triple bottom line sebagai konteks kritis dari pendidikan entrepreneurship dan tanggung jawab dalam penciptaan green entrepreneurs.

Full Text:

PDF

References


Bagozzi, R. P. & Yi, Y. 1988. On the Evaluation

of Structural Equation Models.

Journal of the Academy of Marketing

Science, 16 (1): 74-94.

Blewitt, J. 2010. Higher Education for a Sustainable

World. Education + Training,

(6/7): 477-488.

Bowers, T. 2010. From Image to Economic

Value: a Genre Analysis of Sustainability

Reporting. Corporate Communication:

An International Journal, 15 (3): 249-

Cheng, M. Y., Chan, W. S. & Mahmood, A.

The Effectiveness of Entrepreneurship

Education in Malaysia. Education

+ Training, 51 (7): 555-566.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats 

Copyright ©2018 Universitas Ciputra