Preparing Green Entrepreneurs for Sustainable Development

  • Ery Tri Djatmika

Abstract

Perhatian mengenai dimensi sosial dan lingkungan dalam aktivitas ekonomi merupakan tanggung jawab terkait dengan pembangunan berkelanjutan untuk keberlangsungan bisnis dan memenuhi harapan generasi mendatang. Artikel ini memaparkan mengenai pemahaman mahasiswa peserta perkuliahan entrepreneurship tentang dimensi-dimensi green entrepreneur yaitu clean-growth, socially-aware, dan environmentally-save businesses sebagai triple bottom line, dan menguji kesesuaian model instrumen kebijakan dengan dimensi-dimensi tersebut. Data penelitian survey ini diperoleh dari mahasiswa peserta mata kuliah entrepreneurship dan dianalisis dengan mempergunakan persentase, uji-t sampel berpasangan, dan multivariate general linear model. Mempertimbangkan pentingnya peran institusi perguruan tinggi dalam pengimplementasian pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, maka pembelajaran entrepreneurship perlu mengintegrasikan triple bottom line sebagai konteks kritis dari pendidikan entrepreneurship dan tanggung jawab dalam penciptaan green entrepreneurs.

References

Bagozzi, R. P. & Yi, Y. 1988. On the Evaluation
of Structural Equation Models.
Journal of the Academy of Marketing
Science, 16 (1): 74-94.
Blewitt, J. 2010. Higher Education for a Sustainable
World. Education + Training,
52 (6/7): 477-488.
Bowers, T. 2010. From Image to Economic
Value: a Genre Analysis of Sustainability
Reporting. Corporate Communication:
An International Journal, 15 (3): 249-
262.
Cheng, M. Y., Chan, W. S. & Mahmood, A.
2009. The Effectiveness of Entrepreneurship
Education in Malaysia. Education
+ Training, 51 (7): 555-566.
Published
2016-09-01
Section
Articles