Entrepreneurial Intention among Employees

Evi Thelia Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah personal attitude terhadap entrepreneurship, subjective norm, dan perceived behavioral control memengaruhi niat entrepreneurial di kalangan karyawan di Surabaya. Variabel subjective norm harus dikeluarkan dari analisis lebih lanjut karena tidak valid untuk penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan 100 sampel dari 1,35 juta penduduk dengan tingkat signifikansi 0,1. Penelitian ini menemukan koefisien regresi dari sikap pribadi (X1) adalah 0,425 dan perceived behavioral kontrol (X3) adalah 0,366, keduanya telah positif memengaruhi niat entrepreneurial. Nilai R2 diukur adalah 0.230 atau 23,3%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kontribusi yang rendah terhadap variabel dependen. Kontribusi lainnya 76,6% akan dipenuhi oleh faktor-faktor lain atau variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Hisrich, R.D., Peters, M.P. & Shepherd, D.A.

Entrepreneurship (6th Edition).

New York: McGrawHill.

Indonesian Investment Coordinating Board.

Profil Daerah Kota Surabaya Statistik

Penduduk Menurut Jenis Kelamin.

(Online), (http://www.regionalinvest

ment.com/newsipid/demografipenduduk

jkel.php?ia=3578&is=37), accessed

August 20th 2014.

Kuehn, K.W. 2008. Entrepreneurial Intentions

Research: Implications for Entrepreneurship

Education. Journal of Entrepreneurship

Education, 11 (1): 87–98.

Linan, F. & Chen, Y.W. 2009. Development

and Cross-Cultural Application of a Specific

Instrument to Measure Entrepreneurial

Intentions. Entrepreneurship

Theory and Practice, 33 (3): 593–617.

Lo, C., Sun, H.Y. & Law, K. 2012. Comparing

the Entrepreneurial Intention between

Female and Male Engineering Students.

Journal of Women’s Entrepreneurship

and Education, 28–51.

Sheeran, P. 2002. Intention—Behavior Relations:

A Conceptual and Empirical Review.

European Review of Social Psychology,

(1): 1–36.

Zimmerer, T.W. & Scarborough, N.M. 2005.

Essential of Entrepreneurship and Small

Business Management (4th Edition). New

Jersey: Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats 

Copyright ©2018 Universitas Ciputra