Pemahaman terhadap Mata Kuliah Entrepreneurship dan Kaitannya dengan Keinginan Memulai Bisnis

Jurry Hatammimi, Yuthika Fauziyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) persepsi mahasiswa mengenai pemahaman terhadap mata kuliah entrepreneurship, (2) keinginan mahasiswa untuk memulai bisnis, apakah merintis usaha baru ataupun berbisnis waralaba, dan (3) perbedaan baik keinginan mahasiswa merintis usaha baru maupun keinginan mahasiswa berbisnis waralaba berdasarkan persepsi mahasiswa mengenai pemahaman terhadap mata kuliah entrepreneurship. Berdasarkan tujuan penelitian, desain penelitian ini adalah deskriptif dan kausal-komparatif. Sampel diambil secara acak sebesar 100 mahasiswa. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis persentase dan analisis varians multivariat (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keinginan mahasiswa merintis usaha baru lebih tinggi dibandingkan keinginan untuk berbisnis waralaba. Selain itu, persepsi mahasiswa mengenai pemahaman terhadap mata kuliah entrepreneurship yang mereka ikuti tidak ada kaitannya dengan keinginan mahasiswa untuk memulai bisnis (merintis usaha baru atau berbisnis waralaba).

Full Text:

PDF

References


Astuti, D. 2005. Kajian Bisnis Makanan Franchise

di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan,

(1): 83–98.

Chen, Y. 2010. Does Entrepreneurship Education

Matter Students’ Entrepreneurial Intention?

A Chinese Perspective. In Information

Science and Engineering (ICISE), 2010 2nd

International Conference on IEEE, December

(pp. 2776–2779).

Davey, T., Plewa, C., & Struwig, M. 2011.

Entrepreneurship Perceptions and Career

Intentions of International Students. Education+

Training, 53 (5): 335-352.

Deakins, D. & Freel, M. 2009. Entrepreneurship

and Small Firms. New York: McGraw-Hill

Education.

Dewi, A.C.E. 2012. Pengaruh Pembelajaran Mata

Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha

Mahasiswa di Institut Manajemen

Telkom. Bandung: Institut Manajemen Telkom.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats 

Copyright ©2018 Universitas Ciputra