Eksplorasi Faktor-Faktor Wisatawan Berkunjung dan Implikasinya bagi Entrepreneurship Bidang Pariwisata

  • Fanggi Ananta Tirtana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi faktor-faktor yang dipertimbangkan wisatawan domestik untuk berkunjung di objek wisata pemandian air panas Cangar yang berada di kawasan Tahura R. Soerjo, Kota Batu. Penetapan besar sampel berdasarkan rumus Davis dan Cosenza dan besar sampel adalah 73 pengunjung. Analisis data menggunakan analisis faktor eksploratori pendekatan common factor. Analisis faktor berhasil mengekstraksi enam faktor. Keenam faktor tersebut diinterpretasikan sebagai faktor kenyamanan, faktor daya tarik wisata, faktor kebutuhan, faktor keamanan, faktor keindahan, serta faktor aksesibilitas. Berdasarkan keenam faktor tersebut, dilakukan wawancara mendalam dengan narasumber untuk mengidentifikasi usaha kreatif yang cocok dibuka dan tidak cocok dibuka sebagai implikasi entrepreneurship bidang pariwisata.

References

Chen, C. & Tsai, D. 2007. How Destination
Image and Evaluative Factors Affect Behavioral
Intentions. Tourism Management,
28 (4): 1115–1122.
Harioko, Y. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Wisatawan Berkunjung di Objek Wisata
Roro Kuning Kabupaten Nganjuk. Skripsi
tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang.
Lerner, M. & Haber, S. 2001. Performance
Factors of Small Tourism Ventures: The
Interface of Tourism, Entrepreneurship,
and The Environment. Journal of Business
Venturing, 16 (1): 77–100.
Published
2019-02-26
Section
Articles