Eksplorasi Faktor-Faktor Wisatawan Berkunjung dan Implikasinya bagi Entrepreneurship Bidang Pariwisata

Fanggi Ananta Tirtana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi faktor-faktor yang dipertimbangkan wisatawan domestik untuk berkunjung di objek wisata pemandian air panas Cangar yang berada di kawasan Tahura R. Soerjo, Kota Batu. Penetapan besar sampel berdasarkan rumus Davis dan Cosenza dan besar sampel adalah 73 pengunjung. Analisis data menggunakan analisis faktor eksploratori pendekatan common factor. Analisis faktor berhasil mengekstraksi enam faktor. Keenam faktor tersebut diinterpretasikan sebagai faktor kenyamanan, faktor daya tarik wisata, faktor kebutuhan, faktor keamanan, faktor keindahan, serta faktor aksesibilitas. Berdasarkan keenam faktor tersebut, dilakukan wawancara mendalam dengan narasumber untuk mengidentifikasi usaha kreatif yang cocok dibuka dan tidak cocok dibuka sebagai implikasi entrepreneurship bidang pariwisata.

References


Chen, C. & Tsai, D. 2007. How Destination

Image and Evaluative Factors Affect Behavioral

Intentions. Tourism Management,

(4): 1115–1122.

Harioko, Y. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Wisatawan Berkunjung di Objek Wisata

Roro Kuning Kabupaten Nganjuk. Skripsi

tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Malang.

Lerner, M. & Haber, S. 2001. Performance

Factors of Small Tourism Ventures: The

Interface of Tourism, Entrepreneurship,

and The Environment. Journal of Business

Venturing, 16 (1): 77–100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats 

Copyright ©2018 Universitas Ciputra