Quo Vadis: Mentoring in Entrepreneurship Education?

Livia Yuliawati

Abstract


Saat ini perkembangan konsep mentoring telah masuk pada area entrepreneurship. Hubungan antara mentee dan mentor, yang telah diterapkan dalam konteks karier dan organisasi, juga tengah diterapkan dalam pendidikan entrepreneurship sebagai hubungan antara entrepreneur pemula dan entrepreneur yang telah memiliki pengalaman. Karena entrepreneurship diyakini sebagai jawaban bagi masalah pengangguran, kemiskinan, dan krisis ekonomi, maka kesuksesan seorang entrepreneur cenderung diukur hanya dengan kriteria ekonomi. Banyak pendidikan entrepreneurship yang merancang berbagai proyek untuk membekali entrepreneur pemula dalam rangka menciptakan bisnis yang baru. Hal ini juga memengaruhi bagaimana mentor membantu mentee, yang menekankan untuk mendapatkan keuntungan, peningkatan pendapatan, dan keberlangsungan suatu bisnis. Paradigma ini tampaknya mengabaikan karakteristik psikologis yang perlu dimiliki oleh entrepreneur serta mempersempit entrepreneurship sebagai bentuk mengejar uang belaka. Artikel ini akan meninjau tentang arah mentoring dalam pendidikan entrepreneurship, apa peran mentor, dan hasil belajar yang diharapkan dari mentoring dalam pendidikan entrepreneurship.

Full Text:

PDF

References


Baum, J.R., Frese, M., Baron, R. & Katz, J.A.

Entrepreneurship as an Area of Psychology

Study: an Introduction. In J.R.

Baum, M. Frese & R. Baron (Eds.), The

Psychology of Entrepreneurship (pp.1-18).

Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates,

Inc.

Bechard, J.P. & Gregoire, D. 2005. Entrepreneurship

Education Research Revisited: the

Case of Higher Education. Academy of

Management Learning & Education, 4 (1):

–43.

Bulstrode, C. & Hunt, V. 2000. What is

Mentoring? Lancet, 356 (9244): 1788.

Chen, S., Su, X. & Wu, S. 2012. Need for

Achievement, Education, and Entrepreneurial

Risk-Taking Behavior. Social Behavior

and Personality, 40 (8):1311–1318.

Cornwall, J. R. & Naughton, M. J. 2003. Who

is the Good Entrepreneur?: an Exploration

within the Catholic Social Tradition.

Journal of Business Ethics, 44 (1): 61–75.

Elmuti, D., Khoury, G. & Omran, O. 2012.

Does Entrepreneurship Education Have a

Role in Developing Entrepreneurial Skills

and Ventures’ Effectiveness? Journal of

Entrepreneurship Education, 15: 83–104.

Gutierrez, L.M. 2012. Recognizing and Valuing

Our Roles as Mentors. Journal of Social

Work of Education, 48 (1): 1–4.

Hawkins, P. & Smith, N. 2006. Coaching, Mentoring,

and Organizational Consultancy:

Supervision and Development. Maidenhead:

Open University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats 

Copyright ©2018 Universitas Ciputra