Quo Vadis: Mentoring in Entrepreneurship Education?

  • Livia Yuliawati

Abstract

Saat ini perkembangan konsep mentoring telah masuk pada area entrepreneurship. Hubungan antara mentee dan mentor, yang telah diterapkan dalam konteks karier dan organisasi, juga tengah diterapkan dalam pendidikan entrepreneurship sebagai hubungan antara entrepreneur pemula dan entrepreneur yang telah memiliki pengalaman. Karena entrepreneurship diyakini sebagai jawaban bagi masalah pengangguran, kemiskinan, dan krisis ekonomi, maka kesuksesan seorang entrepreneur cenderung diukur hanya dengan kriteria ekonomi. Banyak pendidikan entrepreneurship yang merancang berbagai proyek untuk membekali entrepreneur pemula dalam rangka menciptakan bisnis yang baru. Hal ini juga memengaruhi bagaimana mentor membantu mentee, yang menekankan untuk mendapatkan keuntungan, peningkatan pendapatan, dan keberlangsungan suatu bisnis. Paradigma ini tampaknya mengabaikan karakteristik psikologis yang perlu dimiliki oleh entrepreneur serta mempersempit entrepreneurship sebagai bentuk mengejar uang belaka. Artikel ini akan meninjau tentang arah mentoring dalam pendidikan entrepreneurship, apa peran mentor, dan hasil belajar yang diharapkan dari mentoring dalam pendidikan entrepreneurship.

References

Baum, J.R., Frese, M., Baron, R. & Katz, J.A.
2007. Entrepreneurship as an Area of Psychology
Study: an Introduction. In J.R.
Baum, M. Frese & R. Baron (Eds.), The
Psychology of Entrepreneurship (pp.1-18).
Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates,
Inc.
Bechard, J.P. & Gregoire, D. 2005. Entrepreneurship
Education Research Revisited: the
Case of Higher Education. Academy of
Management Learning & Education, 4 (1):
22–43.
Bulstrode, C. & Hunt, V. 2000. What is
Mentoring? Lancet, 356 (9244): 1788.
Chen, S., Su, X. & Wu, S. 2012. Need for
Achievement, Education, and Entrepreneurial
Risk-Taking Behavior. Social Behavior
and Personality, 40 (8):1311–1318.
Cornwall, J. R. & Naughton, M. J. 2003. Who
is the Good Entrepreneur?: an Exploration
within the Catholic Social Tradition.
Journal of Business Ethics, 44 (1): 61–75.
Elmuti, D., Khoury, G. & Omran, O. 2012.
Does Entrepreneurship Education Have a
Role in Developing Entrepreneurial Skills
and Ventures’ Effectiveness? Journal of
Entrepreneurship Education, 15: 83–104.
Gutierrez, L.M. 2012. Recognizing and Valuing
Our Roles as Mentors. Journal of Social
Work of Education, 48 (1): 1–4.
Hawkins, P. & Smith, N. 2006. Coaching, Mentoring,
and Organizational Consultancy:
Supervision and Development. Maidenhead:
Open University Press.
Published
2019-02-26
Section
Articles