Kelanggengan Entrepreneurship dalam Bentuk Bisnis Keluarga: Apa yang Telah dan Masih Perlu Diungkap

Fandy Tjiptono

Abstract


Selama ini kelanggengan entrepreneurship dalam bentuk bisnis keluarga sering dipertanyakan. Ada anggapan bahwa generasi pertama membangun, generasi kedua membesarkan, dan generasi ketiga menghancurkan. Di sisi lain, terdapat pula data yang menunjukkan bahwa hingga saat ini ada sejumlah perusahaan keluarga yang masih bertahan hidup sekalipun telah berusia ratusan tahun. Fakta menarik seperti ini memunculkan pertanyaan penting: “Apa yang membuat bisnis keluarga bisa langgeng?” Artikel ini berusaha menelaah secara sistematis riset-riset terdahulu yang telah terpublikasi di Indonesia maupun mancanegara, berkenaan dengan penyebab ketidaklanggengan maupun kelanggengan bisnis keluarga. Secara umum, literatur mengungkap bahwa ketergantungan yang terlampau kuat pada figur pendiri sekaligus pemimpin dan pengelola menyebabkan banyak perusahaan keluarga yang mati seiring dengan tutup usianya sang pendiri. Faktor-faktor lain yang juga berperan penting, di antaranya konflik kepentingan antar anggota keluarga, kurangnya profesionalisme kerja, masalah suksesi, kekurangan sumber daya, dan model bisnis tradisional yang sudah usang. Sementara itu, kemampuan menjaga keseimbangan antara nilai-nilai yang perlu dipertahankan (family values) dan aspek-aspek yang perlu lebih fleksibel (sistem manajemen modern) merupakan determinan kunci kelanggengan bisnis keluarga.

Full Text:

PDF

References


Aitken, A. & Bray, S. 2014. Lessons from 100-

Year-Old Family Businesses. (Online),

(http://thefamily businessschool.com/node/

, diakses 4 Februari 2014.

Aronoff, C. 2001. Understanding Family-Business

Survival Statistics. Supply Home

Times, 44 (5): 34–35.

Astrachan, J.H. & Shanker, M.C. 2003. Family

Businesses’ Contribution to the U.S. Economy:

a Closer Look. Family Business

Review, 16 (3): 211–219.

Banbury, C.M. & Mitchell, W. 1995. The Effect

of Introducing Important Incremental Innovations

on Market Share and Business

Survival. Strategic Management Journal,

(SI): 161–182.

Brockhaus, R.H. 2004. Family Business Succession:

Suggestions for Future Research,

Family Business Review. 17 (2): 165–177.

Drucker, P.F. 1954. The Practice of Management.

New York: Harper and Row Publishers,

Inc.

Fahed-Sreih, J. & Djoundourian, S. 2006. Determinants

of Longevity and Success in

Lebanese Family Businesses: an Exploratory

Study. Family Business Review, 19

(3): 225–234.

Geroski, P.A. 1995. What Do We Know About

Entry? International Journal of Industrial

Organization. 13 (4): 421–440.

Gordon, G. & Nicholson, N. 2008. Family

Wars. London and Philadelphia: Kogan

Page.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats 

Copyright ©2018 Universitas Ciputra