Hubungan antara Regulasi Diri dan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Perantau di Universitas X Surabaya

Lis Sugiarta Purba, Jony Eko Yulianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara regulasi diri dan prestasi belajar pada mahasiswa perantau di Universitas X Surabaya. Uji normalitas yang digunakan adalah Kolmogorov-smirnov dengan syarat p > 0,05 (Riduwan, 2012). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa perantau dari luar pulau Jawa. Teknik pengambilan responden dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik Snowball Sampling. Jumlah subjek dalam penelitian ini berjumlah 140 orang. Subjek dalam penelitian ini berusia antara 17-25 tahun. Proses pengumpulan data dengan cara membagikan skala SRQ (Self-Regulation Questionaire), yang diadaptasi dari Miller dan Brown (1991). Sedangkan skala prestasi belajar diperoleh dari indeks prestasi mahasiswa selama proses belajar. Untuk validitas dan reliabilitas skala regulasi diri dalam penelitian ini adalah 0.911 dengan rentang koefisien validitas 0.247-0.56. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa perantau di Universitas X Surabaya (r=0.260;p=0.001). Hal ini berarti semakin tinggi regulasi diri yang diperoleh individu, maka semakin tinggi prestasi belajar yang dimilikinya dan begitu pula sebaliknya. Penelitian ini dapat memberikan masukan terhadap perkembangan ilmu psikologi terutama ilmu psikologi pendidikan untuk mencegah terjadinya penurunan prestasi belajar pada mahasiswa khususunya mahasiswa perantau.


Full Text:

PDF

References


Ali, M; & Asrori, M. (2010). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz Alimul, Hidayat. (2007). Metode Penelitian dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2010). Metode pembelajaran tutor teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasarkan regulasi diri. Makara, Sosial Humaniora, 4(2), 91-97.

Deasyanti, & Anna A, R. (2007). Self- regulation learning pada mahasiswa ilmu pendidikan universitas negeri Jakarta. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 8(16), 13-17.

Gunarsa, Ny & Singgih D. G. (2004). Psikologi praktis: Anak, remaja dan keluarga. Jakarta : PT. BPK Gunung Mulia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats