Hubungan antara Spiritualitas dan Kepuasan Kerja Pada Fresh Graduate Sudah Bekerja

  • Christian Effendy Putra Universitas Ciputra
  • Jimmy Ellya Kurniawan Universitas Ciputra

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat spiritualitas dan kepuasan kerja pada fresh graduate lulusan universitas di Surabaya. Hipotesis dalam penelitian  ini adalah ada hubungan antara spiritualitas dan kepuasan kerja pada fresh graduate lulusan universitas di  Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan skala spiritualitas “The Spirituality Questionair” oleh Hardt et al. (2012) dan skala kepuasan kerja “Job Satisfaction Scale” oleh Xiu-yun (2010). Skala disebarkan  kepada 100 orang subjek penelitian.Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara spiritualitas dengan kepuasan kerja fresh graduate lulusan universitas di Surabaya yang sudah bekerja (r = 0.46, p = 0.000; p<0.05). Dengan kata lain, jika skor spiritualitasnya naik, maka skor kepuasan kerja juga menjadi semakin tinggi.

References

Armstrong, M. (2006). A handbook of human resource management practice. London: Kogan Page Publishing.

Daeli, S. P. (2010). Hubungan kepemimpinan dan motivasi kerja dengan kepuasan kerja. Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Dalam Negeri.

Hardt, J., Schultz, S., Xander, C., Becker, G., & Dragan, M. (2012). The spirituality questionnair: Core dimensions of spirituality. Scientific Research, 3(1), 116-122.

Hurlock, E. B. (1996). Psikologi perkembangan, suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Long, A. (2005). Happily ever after? A study of job satisfaction in Australia. Journal the Economic Record, 81(255), 303-321.
Published
2019-08-07