Hubungan antara Sikap Terhadap Uang dan Pembelian Kompulsif pada Wanita Karir di Surabaya

  • Emanuel Supriono Universitas Ciputra
  • Theda Renanita Universitas Ciputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dari setiap  dimensi  sikap terhadap uang (power-prestige, retention-time, distrust, dan anxiety) dan pembelian kompulsif pada wanita karir di Surabaya. Uji normalitas yang digunakan adalah Kolmogorov-smirnov dengan syarat p > 0,05 (Riduwan, 2012). Penelitian ini menggunakan desain korelasional. Subjek merupakan wanita karir di Yayasan X Surabaya, Komunitas X di Surabaya, dan Universitas X di Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 183 orang. Alat ukur yang akan digunakan merupakan skala sikap terhadap uang dengan mengadaptasi dari Yamauchi dan Templer (1982) sedangkan skala pembelian kompulsif modifikasi dari skala Faber dan O’Guinn (1992). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara dimensi power-prestige, distrus, anxiety dan pembelian kompulsif (r = 0.565; r = 0.521; r = 0.581; p = 0.000). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan negatif antara dimensi retention-time dan pembelian kompulsif r = -0.316; p = 0.000).

References

Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan validitas (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Bonsu, S. M. (2008). Ghanaian attitudes towards money in consumer culture. International Journal of Consumer Studies, 32(2), 171-178.

Dittmar, H., Long, K., & Bond, R. (2007). When a better self is only a button click away: Associations between materialistic values, emotional and identity-related buying motives, and compulsive buying tendency online. Journal of Social and Clinical Psychology, 26(3), 334-362.

Durvasula, S., & Lysonski, S. (2007). Money attitude, materialism, and achievement vanity: An investigation of young Chinese consumers’ perceptions. International Marketing Conference on Marketing & Society. 497-499.

Faber, R. J., & O’Guinn, T. C. (1989). Compulsive buying: A phenomenological exploration. Journal of Consumer Research, 16(2), 147-157.
Published
2019-07-15
Section
Articles