Nilai Materialistik dan Nilai Hedonistik Pembentuk Kecenderungan Pembelian Kompulsif Online

Ruth Adinda Anastasia, Theda Renanita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara nilai materialistik dan nilai hedonistik dengan kecenderungan pembelian kompulsif online pada mahasiswa S1 di Surabaya. Subyek penelitian sebanyak 172 dengan karakteristik yaitu mahasiswa S1 di Surabaya, melakukan pembelian online paling tidak 2 kali dalam 6 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik incidental sampling dan uji korelasi ganda serta korelasi parsial. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara nilai materialistik dan nilai hedonistik bersama-sama dengan kecenderungan pembelian kompulsif online (r = 0.789; p = 0.000). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara nilai materialistik dan kecenderungan pembelian kompulsif online dengan mengendalikan nilai hedonistik (r = 0.265; p = 0.000). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara nilai hedonistik dan kecenderungan pembelian kompulsif online dengan mengendalikan nilai materialistik (r = 0.590; p = 0.000). Hal ini berarti semakin tinggi nilai materialistik dan nilai hedonisitik, maka semakin tinggi tingkat kecenderungan pembelian kompulsife online.


Full Text:

PDF

References


Arnold, M., & Reynolds, K. (2003). Hedonic shopping motivation. Journal of Retailing, 79(2), 77-95. doi:10.1016/s0022-4359(03)00007-1

Belin, D., Mar., Dalley., Robbins., & Everitt. (2008). High impulsivity predicts the switch to compulsive cocaine-taking. Science, 320(5881), 1352-1354. doi:10.1126/science.1158136

Belk, R. (1985). Materialism: Traits aspects of living in the material world. Journal of Consumer Research, 12(3), 265-280. doi:10.1086/208515

Billieux, J., Rochat., Rebetez., & Linden. (2008). Are all facets of impulsivity related to self- reported compulsive buying? Personality and Individual Differences, 44(6), 1432-1442.

Buijzen, M., & Valkenburg, P.M. (2003). The effect of television advertising on materialism, parent-child conflict, and unhappiness: A review of research. Applied Developmental Psychology, 24(4), 437-456. doi:10.1016/s0193-3973(03)00072-8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats