Hubungan antara Self-Disclosure Melalui Media Sosial dan Emotion Focus Coping pada Wanita Usia Dewasa Awal

Veronika Claudia Runtu, Jimmy Ellya Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara perilaku self-disclosure yang dilakukan melalui media sosial dengan emotion focused coping pada wanita dewasa awal. Partisipan dalam penelitian ini adalah 104 orang wanita dewasa awal pengguna media sosial di Sulawesi Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Skor yang dihasilkan dari uji normalitas pada skala self- disclosure Z = 0,045 (p-value > 0,05) dan pada skala emotion focused coping Z = 0,112 (p- value < 0,05). Hasil uji korelasi menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara self- disclosure melalui media sosial dengan emotion focused coping pada wanita dewasa awal (ρ = 0.102 ; p-value > 0.05). Namun jika ditinjau melalui dimensi emotion focused coping, diketahui bahwa ada kecenderungan hubungan antara self-disclosure di media sosial dengan dimensi social support dan accepting pada wanita usia dewasa awal ( p-value < 0.05).

Full Text:

PDF

References


Ahsyari, E. R. (2015). Kelelahan emosional dan strategi coping pada wanita single parent. eJournal Psikologi, 3(1), 422-432.

Astuti, N. E. (2014). Penyesuaian diri wanita dewasa awal ditinjau dari kematangan emosi. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Semarang, 296-307.

Baruch, G. K., & Barnett, R. (1986). Role quality, multiple role involvement, and psychological well-being in midlife women. Journal of Personality and Social Psychology, 51(3), 578-585.

Bazarova, N. N., & Choi, Y. H. (2014). Self- disclosure in social media: Extending the functional approach to disclosure motivations and characteristics on social network sites. Journal of Communication ISSN 0021-9916, 1-23.

Bolton, R. N., Parasuraman, A., Hoefnagels, A., Migchels, N., Kabadayi, S., Gruber, T., et al. (2013). Understanding generation Y and their use of social media: a review and research agenda. Journal of Service Management, 24(3), 245-267.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats