EKSPLORASI FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN INSTANSI ATAU PERUSAHAAN DALAM MEMILIH OUTBOND

Kadek Galuh Putri Wirastuti

Abstract


Alam Tirta Outbound adalah perusahaan penyedia jasa outbound di Bali yang pada saat berjalannya bisnis masih mengalami kunjungan pelanggan yang kurang maksimal dikarenakan oleh pengaruh low season dan high season. Hal itu disebabkan karena sebelumnya hanya terpaku pada cara pemasaran business to consumer sehingga perusahaan ingin memperluas jaringan pemasaran dengan cara business to business dengan cara menargetkan instansi atau perusahaan sebagai pelanggannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan sebuah instansi dalam memilih lokasi untuk outbound tahunan yang dilakukan oleh perusahaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Sampel pada penelitian ini adalah 2 perusahaan calon customer dan 2 perusahaan yang sudah pernah berkunjung ke Alam Tirta Outbound. Metode analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukan ada tiga pertimbangan penting pada sebuah perusahaan dalam memutuskan pembelian sebuah jasa outbound untuk melakukan kegiatan tahunannya, yaitu terdiri dari anggaran, lokasi dan fasilitas.

Keywords


pemasaran bisnis ke bisnis; keputusan pembelian bisnis, low season; high season; pelatihan outbound.

Full Text:

PDF

References


Anwar, I. & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 4, No. 12.

Hartono, C. Y. (2017). Analisis Gaya Kepemimpinan Direktur Utama di PT. Bukit Mustika Persada. AGORA, 5(1).

Kohardinata, C., & Tunky, H. (2016). Perancangan Desain Kemasan Pada Merk Keripik Pisang Bananation Di Surabaya. Jurnal Performa Universitas Ciputra, Vol. 1, No. 5.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Inggris: Pearson Education Inc.

Kotler, P. and Keller, K. (2006) Marketing Management. 12th Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635