PENGARUH LOKASI, FASILITAS, PRODUK, HARGA, DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI APARTEMEN PHASE 4 CIPUTRA WORLD SURABAYA

Mitchell Mitchell, Denny Bernardus

Abstract


Seiring dengan berjalannya waktu, pertumbuhan penduduk semakin meningkat. Hal ini menjadi permasalahan khususnya masyarakat Surabaya untuk mendapatkan hunian landed house. Oleh karena itu, perusahaan Ciputra World mendirikan apartemen yang terletak di Jalan Mayjen Sungkono No. 89 Surabaya. Berdasarkan pra-survei yang telah dilakukan, hasilnya terdapat lima variabel yang mempengaruhi minat beli apartemen, yaitu variabel lokasi, fasilitas, produk, harga, dan gaya hidup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari kelima variabel tersebut terhadap minat beli apartemen Phase 4 Ciputra World Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasinya calon konsumen yang memiliki daya beli apartemen di Surabaya dengan jumlah tidak diketahui. Teknik pengambilan sampelnya non probability sampling yaitu purposive sampling, kriterianya calon konsumen yang tertarik membeli apartemen. Jumlah sampel yaitu 97 responden calon konsumen yang tertarik membeli apartemen di marketing office, kantor broker, dan pameran. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan lokasi, fasilitas, dan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli, sedangkan harga dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap minat beli.

Keywords


Fasilitas; Gaya Hidup; Harga; Lokasi; Minat Beli; Produk

Full Text:

PDF

References


Adi, K., & Oktarina, F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Pelanggan pada Perusahaan Mebel UD. Lumintu Tegalsari-Ambulu. Majalah Ilmiah" Dian Ilmu", 16(1).

Ali, S. K., & Simdani, D. L. (2018). Analisa Pengaruh Lokasi dan Servicescape terhadap Keputusan Menginap Konsumen Pohon Inn Hotel. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(1).

Auliya, V. (2017). Pengaruh Harga, Lokasi dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Warung Kopi Cilik) (Doctoral dissertation, STAIN Kudus).

Badan Pusat Statistik. (2018). Jumlah Penduduk dan Laju Pertumbuhan Penduduk Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur, 2010, 2014, dan 2015. Dikutip dari https://jatim.bps.go.id/statictable/2016/04/29/330/jumlah-penduduk-dan-laju-pertumbuhan-penduduk-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-timur-2010-2014-dan-2015.html pada tanggal 18 Agustus 2018.

Ciputra World Surabaya. (2018). About The Superblock. Dikutip dari http://ciputraworldsurabaya.com/towerproject/about pada tanggal 20 Agustus 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635