CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI CITRALAND SURABAYA

  • Steffanie Anggie Universitas Ciputra
  • Yoseva Maria Universitas Ciputra
  • Sonata Christian Universitas Ciputra
Keywords: Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian rumah di Citraland Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah melakukan pembelian rumah di Citraland Surabaya yang jumlahnya sebanyak 4.156 kepala keluarga. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa citra merek (X1) dan harga (X2) secara individual memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil yang signifikan menunjukan bahwa hipotesis pertama dan kedua dapat diterima, hipotesis pertama menyatakan variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rumah di Citraland Surabaya dan hipotesis kedua menyatakan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rumah di Citraland Surabaya.

References

Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2015). Laju Petumbuhan Penduduk Hasil Proyeksi 2011-2015 Menurut Kabupaten/Kota.

Bank Indonesia. (2018). Survey Harga Properti Residensial.

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi : format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen dan pemasaran. Jakarta: Kencana.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. (2016). Profil Kota Surabaya 2016.

Ghozali, I. (2013). Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Untuk Akuntansi, Bisnis, dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang: Yoga Pratama.
Published
2019-12-12
Section
Articles