PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK KERRONG BATIK

Iqmal Nuski Adikara, Christina Yanita Setyawati

Abstract


Kerrong Batik berdiri sejak Desember 2015, namun pada bulan Juli 2017 Kerrong Batik mengalami pecah kongsi dan dikelola oleh keluarga Iqmal. Sistem promosi yang dilakukan Kerrong Batik dengan cara mendatangi event yang diikuti oleh keluarga Iqmal. Persepsi konsumen terhadap kualitas produk Kerrong Batik kurang bagus yang mengakibatkan penjualan Kerrong Batik tidak stabil. Kerrong Batik ingin memperbaiki kualitas produk sesuai dengan ekspektasi konsumen supaya penjualan Kerrong Batik stabil dan meningkat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas produk Kerrong Batik. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: persepsi konsumen terhadap kualitas produk Kerrong Batik secara keseluruhan indikator dengan nilai rata-rata nilai 36,5 sehingga persepsi konsumen terhadap kualitas produk Kerrong Batik dikatakan baik. Hasil tersebut berdasarkan pada 10 pernyataan yang valid, dimana 4 butir penyataan mendapatkan persepsi sangat baik dan 6 butir pernyataan dengan persepsi baik dari konsumen.

Keywords


batik; dimensi kualitas; kualitas produk; persepsi konsumen; penjualan

Full Text:

PDF

References


Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT Alex Media Komputerindo.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.

Bahri, S., dan Zamzam, F. (2014). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM-Amos. Yogyakarta : Deepublish.

Candra, I. W., Dan Harini, I. G. A. (2017). Psikologi Landasan Keilmuan Praktik Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Andi.

Maskan, M., Permatasari, I. R., dan Utamaningsih, A. (202017). Kewirausahaan. Malang: Polinema Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635