PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND ASSOCIATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN FORTE

Alvin Frederick Liauri

Abstract


Perusahaan Panca Adi Perkasa bergerak di bidang industri fashion dan berdiri di tahun 2015. Perusahaan Panca Adi Perkasa meluncurkan brand yang bernama Forte. Untuk memperkuat brand, Forte telah melakukan berbagai macam upaya pemasaran. Upaya pemasaran ini diharapkan dapat memperkenalkan brand Forte kepada masyarakat yang lebih luas, dengan begitu penjualan akan mencapai target. Untuk mengetahui pemahaman konsumen mengenai brand Forte, peneliti melakukan prasurvei dengan hasil yang menunjukkan bahwa brand awareness dan brand association Forte masih sangat kurang. Berdasarkan hasil prasurvei tersebut, dapat disimpulkan bahwa masalah yang dihadapi ada pada brand awareness dan brand association Forte masih kurang. Hasil penjualan Forte yang tidak kunjung mencapai target juga mendukung adanya indikasi permasalahan dalam brand Forte yang berkaitan dengan brand awareness dan brand association. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan brand association terhadap keputusan pembelian konsumen Forte. Penelitian ini menggunakan random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 111 responden yang merupakan konsumen Forte. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan brand association berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Brand Awareness; Brand Association; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ambolau, M. A., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2015). The Ifluence Of Brand Awareness and Brand Image on Purchase Decision (Study on Aqua Consumers in Administrative Science Faculty Brawijaya University Class of 2013). Jurnal administrasi Bisnis, Vol. 2 No. 2 Februari 2015, pp 1-6

Ardian, B. O., & Wijaya, C. A. (2015). Analisa Pengaruh Asosiasi Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan JW Marriot Surabaya Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Perantara. Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia. (2017, Mei 27). The World's Most Valuabel Brands. https://www.forbes.com/powerful-brands/list/2/#tab:rank

Bungin, H. M. B. (2015). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: Kencana

Chayono, D. D., Andini, R., & Raharjo, K. (2016). Pengaruh Komitmen Audit, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan (SIZE), Leverage (DER) dan Profitabilitas (ROA) Terhadap Tindakan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Pada Perusahaan Perbankan Yang Listing BEI Periode TAHUN 2011 – 2013. Journal of Accounting. 3-6

Iwan, & Nainggolan, K. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Awareness dan Harga Produk Terhadap Minat Beli Mie Suksess (Studi Empiris Pada Penduduk Kecamatan Pinang-Kota Tangerang) . Cakrawala, Vol. XVII, No. 2. 146-149

Merici, C. A. (2016). Pengaruh Skeptisisme Profesional, Pengalaman Audit, Keahlian Audit, Independensi, dan Kompetisi terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor. Jurnal Riset Mhasiswa Akuntansi. 6-10


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635