EVALUASI MOTIVASI INTRINSIK INDIVIDU PADA PERUSAHAAN BISSAMA

  • Alfian Faishal Amin Universitas Ciputra
Keywords: Evaluasil, motivasi intrinsik

Abstract

Latar belakang utama dari penelitian ini adalah adanya penurunan penjualan yang dialami Perusahaan BISSAMA di periode 2015-2016. Untuk mencapai target penjualan yang maksimal diperlukan motivasi kerja dari setiap individu. Masalah yang dialami oleh Perusahaan BISSAMA adalah adanya penurunan motivasi kerja individu pada Perusahaan BISSAMA, oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan evaluasi motivasi kerja individu pada Perusahaan BISSAMA Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi kerja individu Perusahaan BISSAMA yang berdampak pada kinerja setiap individu. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan kualitatif naratif. Proses pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, dan wawancara yang dilakukan menggunakan wawancara semi-terstruktur. Subjek pada penelitian ini adalah tiga individu Perusahaan, satu ahli Sumber Daya Manusia, dan dosen pembimbing Perusahaan BISSAMA dan objek dari penelitian ini adalah Perusahaan BISSAMA. Peneliti telah melakukan wawancara langsung ketiga individu Perusahaan BISSAMA, satu orang dosen pembimbing project Perusahaan BISSAMA, dan satu orang ahli Sumber Daya Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada penurunan motivasi kerja individu dari indikator penghargaan, prestasi pengembangan potensi dan tanggung jawab. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya penurunan motivasi intrinsik individu pada indikator penghargaan, prestasi, pengembangan potensi, dan tanggung jawab.

References

Alimuddin. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT Putra Bintan Borneo Timur di Samarinda , 3, eJournal Ilmu Administrasi Bisnis 795-805.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif (Vol. 12). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Penerbit Alfabeta

Suhariadi, F. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya, Jawa Timur, Indonesia: Airlangga University Press.

Syafriadi. (2016). Analisis Faktor Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bitul Mal Wat Tamwil (BMT) Amanah Ray Medan N. Jurnal Ilmiah "DUNIA ILMU", 2.

Marliani, R. (2015). Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.
Published
2019-02-15
Section
Articles