PERAN DELEGASI ANTAR GENERASI PERUSAHAAN DALAM GUILD FAMILY BUSINESS DI UNIVERSITAS CIPUTRA

Henry Wibowo, Hendro Susanto

Abstract


Family business adalah suatu bisnis yang akan diturunkan pada generasi selanjutnya dalam keluarga di mana pihak keluarga akan mengelola dan mengontrol bisnis tersebut. Dalam perusahaan keluarga sendiri diperlukan adanya regenerasi karena generasi senior pasti akan memberikan suatu proses pendelegasian sebelum memasuki tahap suksesi. Delegasi sendiri adalah penyerahan sebagian hak untuk mengambil tindakan yang diperlukan agar tugas dan tanggung jawabnya dapat dilaksanakan dengan baik dari pejabat satu ke pejabat lainnya. Hal ini juga berlaku pada perusahaan family business. Tujuan penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui peran delegasi di dalam perusahaan family business. Di perusahaan family business sendiri masih banyak yang belum bisa menjalankan proses pendelegasian secara efektif kepada generasi junior. Masih banyak perusahaan yang mengalami kemunuduran saat perusahaan tersebut dijalankan oleh generasi penerus. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data menggunakan wawancara semiterstruktur. Dimana sistem wawancara ini lebih bebas dan terbuka dibandingkan dengan wawancara yang formal. Sehingga pewawancara dapat menanyakan hal-hal yang ingin diketahui dengan lebih terbuka. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber yang bertujuan untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh dari beberapa sumber. Pada penelitian ini akan diambil sampel dari beberapa narasumber. Narasumber sendiri akan dilakukan kepada generasi senior (ayah/ibu) sebagai pemilik perusahaan keluarga dan generasi penerus (anak) dan ahli di dalam bidang Family Business. Hasil penelitian ini adalah bahwa dalam suatu proses pendelegasian yang diperlukan persiapan sejak kecil dimana pada saat pendelegasian.

Keywords


Family business; Delegasi; Suksesi

Full Text:

PDF

References


Argentina Soto Maciel, Maria Isabel de la Garza Ramos, Jose Luis Esparza Aguilar, Juan Manuel San Martin Reyna, (2015) “The influence of family relationships in the successuin : A factorial analysis of Mexican enterprises”, Journal of Family Business Management, Vol. 5 Issue: 2,pp.238-256

Bizri. R. (2016). Succession In The Family Business: Drivers And Pathways. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 22

Campbell,Matthew (2014) Objective-C Quick Syntax Reference. New York: Springer Science+Business Media

Depkop (2017). Rasio Wirausaha Indonesia Naik jadi 3,1 %. Asep Budiman. 11 Maret 2017. Diunduh dari http://www.depkop.go.id/content/read/ratio-wirausaha-indonesia-naik-jadi-31-persen/

Halim, Y. (2013). Analisa Suksesi Kepemimpinan Pada Perusahaan Keluarga PT. Fajar Artasari di Sidoarjo. Agora, 1(3), 1648-1662.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635