STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CLEANS DENGAN METODE BENCHMARKING

  • Edwin Lauwis Universitas Ciputra
  • Christina Yanita Setyawati Universitas Ciputra
Keywords: Benchmarking, Jasa Laundry Sepatu, Komunikasi Pemasaran

Abstract

Cleans adalah perusahaan yang bergerak di industri jasa laundry sepatu dan didirikan pada tahun 2016 di Surabaya. Jasa yang ditawarkan adalah jasa pencucian segala jenis sepatu maupun sandal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran perusahaan Cleans dengan menggunakan metode benchmarking. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposif sampling. Penelitian ini melibatkan empat informan yaitu, tiga pemilik perusahaan benchmark yaitu, Mayster, Crispbee, dan Dom, serta satu CMO (Chief Marketing Officer) Cleans. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur. Validitas dan reliabilitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan Cleans dapat menentukan strategi komunikasi pemasaran yang sesuai dengan menggunakan metode benchmarking. Berdasarkan hasil analisis wawancara dengan perusahaan benchmark dapat disimpulkan bahwa tahap pertama target utama Cleans adalah komunitas olahraga khususnya Surabaya Barat. Tahap kedua Cleans menginginkan hasil jangka panjang dengan cara memberlakukan sistem member get member dan membagikan foto before after melalui media online. Tahap ketiga Cleans merancang pesan dengan lebih rutin mengupdate instagram dan melakukan endorse kepada public figure olahraga (atlet) dan foto before after kepada pelanggan. Tahap keempat Cleans mengubah saluran komunikasi dari saluran personal menjadi saluran nonpersonal dan mengoptimalkan penggunaan media online. Tahap kelima Cleans mulai membuat dan mengatur anggaran tersendiri untuk promosi dengan menggunakan metode sesuai kemampuan. Tahap keenam Cleans memilih bauran promosi yang lebih efektif yaitu promosi penjualan dan event.

References

Bekraf. 8 Maret 2017. Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif Kerjasama Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Pusat Statistik. 6 Maret 2018. http://www.bekraf.go.id/downloadable/pdf_file/170475-data-statistik-dan-hasil-survei-ekonomi-kreatif.pdf.

Camp, R. (1989). The search for industry best practices that lead to superior performance. Productivity Press. New York : Productivity Press.

Hermawan, A. (2013). Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Putri, N. A. (2016). Desain Strategi Pemasaran Online pada Fullus Fashion Melalui Evalusi Benchmarking. PERFORMA: Jurnal Manajeman dan Start-up Bisnis.

Setiawan, R. (2016). Evaluasi Kontribusi Komitmen Terhadap Kinerja Eksekutif Showcase Dengan Metode Benchmarking. PERFORMA: Jurnal Manajeman dan Start-up Bisnis.
Published
2019-02-15
Section
Articles