EKSPLORASI KONDISI KEPUASAN KONSUMEN ZENAIDE HIJAB

Shabrina Arijdina Amalia, Christina Yanita Setyawati

Abstract


Setidaknya terdapat sekitar 10% wanita menggunakan hijab dari seluruh populasi yang ada, berdasarkan data Financial Times, menyebutkan para hijabers ini lebih terdidik dari rata-rata wanita yang ada di Indonesia. Peluang ini dimanfaatkan oleh pendiri dari Zenaide Hijab yang mendirikan bisnis sejak Juli 2015 dengan menawarkan beberapa model Hijab untuk memenuhi kebutuhan akan fashion hijab seperti persegi, pashmina, dan syar’i. Terjadi trend fluktuatif namun signifikan dari jumlah konsumen perbulan Zenaide Hijab. Penurunan dan kenaikan jumlah konsumen tidak terlalu tajam namun tetap terjadi pada bulan tertentu. Hal ini mendorong Zenaide Hijab untuk melakukan penelitian guna mengetahui kondisi kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi terhadap kepuasan konsumen. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan dilakukan secara deskriptif melalui proses wawancara dengan tiga konsumen Zenaide Hijab dan dua ahli bidang pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen puas ditinjau dari indicator kepuasan konsumen yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga dan biaya. Temuan yang lain adalah konsumen Zenaide Hijab puas dengan faktor evaluasi kepuasan konsumen antara lain Performance, Features, Reliability, Conformance to Specifications, Durability, Serviceability, Estetika, dan Perceived Quality. Zenaide Hijab harus meningkatkan faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dan faktor yang menjadi evaluasi kepuasan konsumen.

Keywords


Evaluasi Kepuasan Konsumen; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.

BPS. (2017). ‘Data Jumlah Muslim Indonesia’. Available at: agenbukuaqwan.com Diakses pada tanggal 21 Agustus 2017.

BPS. (2017). ‘Indeks Produksi Industri Besar dan Sedang menurut Kode Industri 2 Digit, 2010-2015 (2010=100)’. Available at: https://www.bps.go.id/ linkTabelStatis/view/id/1057 Diakses pada tanggal 21 Agustus 2017.

BPS. (2017). ‘Jumlah Perusahaan Industri Mikro dan Kecil Menurut 2-digit KBLI, 2010-2015’ Available at: https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/ view/ id/1011 Diakses pada tanggal 21 Agustus 2017.

Bungin, Burhan. (2013). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635